ViWI 2018 Siapkan Paket Istimewa Mulai Harga Rp 1 juta

ViWI 2018 Siapkan Paket Istimewa Mulai Harga Rp 1 juta

Program Jakarta Weekend Hot Deals (Jakdeals) Visit Wonderful Indonesia (ViWI) 2018 resmi bergulir, Kamis (3/5)

BATAMNEWS.CO.ID, Serpong - Ketua Pelaksana ViWI 2018, Hariyadi BS Sukamdani, yang diwakili Raymond mengatakan sudah menyiapkan paket istimewa untuk hot deals.

Program Jakarta Weekend Hot Deals (Jakdeals) Visit Wonderful Indonesia (ViWI) 2018 resmi bergulir, Kamis (3/5). Peluncuran dilakukan di Indonesia Convention Exhibition BSD, Tangerang.

"Untuk paket 3 hari 2 malam, kami menawarkan harga Rp 1 juta. Penetapan ini tidak sembarangan. Karena, kita menentukannya lewat tim. Dan tentunya mempelajari hot deals negara tetangga," ucap Raymond.

Menurut Menteri Pariwisata, Arief Yahya, paket-paket wisata yang dijual dalam program hot deals diharapkan dapat memberikan kontribusi sebesar 15% dari target pariwisata nasional.

"Target pariwisata nasional tahun ini sebesar 17 juta kunjungan wisatawan mancanegara. Dari target itu, paket-paket wisata hot deals program ViWI ditargetkan berkontribusi sebesar 15%, atau sebanyak 2,5 juta wisman," katanya.

Dijelaskan Menpar, Hot Deal ViWI 2018 merupakan program strategis Kemenpar.

"Terutama dalam upaya untuk mencapai target 17 juta wisman tersebut," ujarnya.

Diterangkan Menpar Visit Wonderful Indonesia adalah program yang diinisiasi industri pariwisata. Tepatnya melalui sejumlah asosiasi yang terhubung dengan sektor pariwisata.

"Program ini diluncurkan untuk mendorong percepatan bisnis di sektor pariwisata. Serta, mengupayakan pencapaian target kunjungan wisatawan, baik mancanegara maupun lokal," ucap Menpar.

Jakdeals Tawarkan Harga Bersaing

Peluncuran Jakdeal, menurut Menpar, menandai dijualnya paket-paket wisata hot deals ViWI 2018. Menpar menambahkan, kunci sukses pelaksanaan Jakdeals terletak pada harganya.

"Harga jualnya harus bersaing atau bundling dengan paket hot deals yang dijual negara-negara pesaing di kawasan ASEAN, seperti Thailand dan Malaysia," katanya.

Sebagai perbandingan, Malaysia mengeluarkan hot deals untuk paket wisata 3 hari 2 malam dengan fasilitas hotel berbintang dengan harga Rp 2,2 juta hingga Rp 2,6 juta.

Dengan paket serupa, Thailand mengeluarkan harga Rp 2,4 juta hingga Rp 2,8 juta. Dijelaskan Menpar, paket hot deals menerapkan konsep sharing economy.

"Yaitu menjual barang atau jasa yang tidak laku, atau excess capacity dengan memberikan diskon pada unsur 3A. Sehingga wisatawan tertarik untuk melakukan perjalanan," katanya.

Selain Hot Deals ViWI, program strategis Kementerian Pariwisata lainnya adalah insentif untuk maskapai. Caranya, melalui bundling ticket atau sebagai More For Less.

"Tujuannya, untuk mendapatkan tambahan sebanyak 1,5 juta wisman dan digital marketing platform Competing Destination Model (CDM) yang diharapkan akan mendapatkan tambahan 1 juta wisman," papar Menteri Arief.

Menpar Arief Yahya menghadiri launching Jakdeals ditemani sejumlah stafnya. Seperti Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Esthy Reko Astuti, yang juga Ketua Pelaksana Calendar Of Event Kemenpar. Juga Staf Ahli Menteri Bidang Komunikasi, Don Kardono,

Untuk menyukseskan program Hot Deals ViWI, telah disiapkan 250 paket hot deals oleh 18 stakeholder pariwisata, termasuk di tiga klaster A (Jakarta, Bali, Kepri), klaster B (18 destinasi ViWI), dan klaster C (destinasi lainnya).

(adv)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews