Tenaga Kerja Asing Tak Betah Kerja di Lingga, Ini Alasannya

 Tenaga Kerja Asing Tak Betah Kerja di Lingga, Ini Alasannya

Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Dabo Singkep, Bugie Kurniawan (Foto:Ruzi/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Tenaga Kerja Asing (TKA) minim di Lingga lantaran tidak ada industri dan lapangan kerja memasuki pertengahan 2018.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Dabo Singkep, Bugie Kurniawan kepada Batamnews.co.id, Rabu (25/4/2018) mengatakan tahun sebelumnya yang bekerja di Lingga adalah pekerja dari Thailand.

"Kalau tahun kemarin, masih ada ABK asing yang bekerja di kapal isap, rata-rata berkewarganegaraan Thailand," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Dabo Singkep, Bugie Kurniawan kepada Batamnews.co.id, Rabu (25/4/2018).

Dia menjelaskan, tahun 2017 lalu, TKA asal Thailand tersebut bekerja di kapal isap timah yang beroperasi di Pulau Pekajang, Kecamatan Lingga.

"Paling lama dua bulan, habis itu mereka kembali ke negaranya, sedangkan untuk pekerjaan lainnya berdasarkan data pengawasan pelayanan di kantor kami maupun pengawasan lapangan belum ada," ujarnya.

Kata Bugie, masuknya TKA asal Thailand tersebut ke Lingga dan bekerja di kapal isap tersebut, karena kemampuan mereka di bidang pertambangan laut, tapi juga karena kapal yang digunakan menggunakan panduan penggunaan berbahasa Thailand. Sehingga, perusahaan itu menggunakan ABK dari negara tersebut.

"Kalau untuk TKA ilegal yang masuk ke Lingga, sampai saat ini belum ada laporan dari masyarakat maupun instansi terkait yang melaporkan adanya keberadaan ataupun kegiatan TKA Ilegal di wilayah Kabupaten Lingga," katanya.

(ruz)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews