Mau Tiket Pesawat Murah? Begini Caranya

ilustrasi tiket pesawat

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Harga tiket pesawat tidak dapat dipastikan. Terkadang bisa sangat mahal, tiba-tiba harganya turun.

Perubahan harga tiket pesawat yang tidak dapat dipastikan ini menjadikan konsumen mencari-cari cari untuk mendapatkan harga tiket termurah. Memantau harga tiket terus-menerus tentu meleahkan.

Agar tidak lelah memantau, ada baiknya memperhatikan faktor-faktor yang memengaruhi harga tiket. Rifai Taberi, Direktur Niaga AirAsia Indonesia mengatakan, harga tiket pesawat dapat dipengaruhi oleh pilihan hari dan momentum. Misalnya musim liburan.

"Sebenarnya bukan masalah hari untuk mendapatkan tiket pesawat murah, tetapi season. Seperti yang tadi saya bilang kalau bulan puasa itu biasanya airlines akan memberikan promo tiket pesawat murah karena ketersediaan kursinya cukup banyak," ujar Rifai saat ditemui beberapa waktu lalu.

Selain momentum, pilihan hari juga memengaruhi harga tiket pesawat. Rifai menuturkan, bila dibandingkan dengan hari di akhir pekan, kemungkinan besar bahwa hari Selasa bisa jauh lebih murah dalam pembelian tiket atau melakukan penerbangan. Pembelian tiket murah juga bisa dipengaruhi masing-masing rute.

Menurutnya, setiap rute atau destinasi memiliki karakternya masing-masing. Seperti saat berkunjung ke Bali, tentunya orang lebih suka rekreasi di akhir pekan. Karena itu, sudah pasti harga tiket yang dibeli jauh lebih mahal di akhir pekan.

Berbeda dengan mereka yang memilih liburan ke Surabaya dari Jakarta. Di mana banyak orang yang melakukan perjalanan day trip atau berangkat pagi dan pulang malam.

"Setiap rute memiliki karakter masing-masing. Jadi misalnya Jakarta-Surabaya itu lebih trunk road ya bahkan day trip juga banyak berangkat pagi pulang malam. Namun kalau untuk rute leisure seperti Bali itu pastinya weekend yang ramai," pungkasnya.

(nrl)