DKUPP Bintan Pantau Harga Sembako Jelang Ramadan

DKUPP Bintan Pantau Harga Sembako Jelang Ramadan

Ilustrasi

BATAMNEWS.CO.ID, Bintan - Menjelang Ramadan, enam komoditi pokok menjadi perhatian khusus oleh Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP) Bintan.

Komoditi tersebut antaralain daging, telur, ayam, beras, gula dan minyak goreng. Perhatian itu diberikan karena kondisi pasokan barang sangat rawan berkurang yang berakibat terjadinya lonjakan harga. Bahkan masalah ini juga menjadi atensi langsung dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI.

"Sampai saat ini bahan-bahan pokok tersebut masih terbilang stabil. Baik dari pasokan maupun harganya, kecuali daging beku impor mengalami kenaikan itupun hanya sedikit," ujar Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) DKUPP Bintan, Setia Kurniawan, kemarin.

Pihaknya akan selalu melakukan pemantauan dan pengawasan secara berkala terhadap ketersediaan barang di pasaran. Begitu juga dengan distributor-distributor yang berada di Bintan.

Sebab menjelang ramadan konsumsi daging, telur dan ayam sangat tinggi. Dikawatirkan ketersediaannya jadi langka. Apabila langka harganya bisa meroket.

Begitu juga dengan beras, gula dan minyak goreng. Meskipun tiga jenis komoditi ini sudah diatur Harga Eceran Tertinggi (HET). Tetapi juga menjadi perhatian dan regulasinya juga sudah jelas sejak tahun lalu.

"Kalau pasokannya mengalami kendala otomatis harganya naik. Nah inilah yang kami kawatirkan, makanya kamiantau agar pasokannya cukup dan harganya stabil," katanya.

"Kenaikan harga tak terbendung apabila memang ada masalah secara nasional," ucapnya.

(ary)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews