Cara Diet Berdasarkan Golongan Darah

Cara Diet Berdasarkan Golongan Darah

Mau mencoba cara diet berdasarkan golongan darah? Menurut Peter D'Adamo, dokter naturopati dan penulis buku Eat Right for Your Type yang menemukan cara diet berdasarkan golongan darah,  jenis darah yang berbeda memiliki kebutuhan diet yang berbeda juga.

Menurut Sonya Angelon, R.D., juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, Amerika Serikat, diet berdasarkan golongan darah dianggap aman.

Menurut Julie Upton, pendiri Appetite for Health,cara diet ini membantu menurunkan berat badan karena fokus pada makanan sehat. Namun tidak ada bukti kredibel yang mengatakan ada hubungan antara jenis darah yang berbeda, dengan diet dan rutinitas latihan.

Penelitian tentang ini diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE pada tahun 2014. Mereka menganalisis golongan darah dan pola makan pada 1500 orang dan memberikan penilaian, berdasarkan seberapa baik mereka mengikuti diet golongan darah. Hasil analisis adalah tidak ada hubungan antara golongan darah dan manfaat dari diet ala D'Adamo.

Cara diet berdasarkan golongan darah adalah sebagai berikut :

1. Tipe A

Diet vegetarian dianggap cocok bagi orang dengan golongan darah A. Konsumsilah makanan yang murni, segar, dan organik. Lakukan juga olahraga yoga, tai chi, dan meditasi untuk menurunkan tingkat stres.

2.Tipe B

Orang dengan golongan darah B,harus menghindari makanan seperti jagung, gandum, kacang, tomat, dan biji wijen. Makanan semacam ini akan mengacaukan metabolisme dan malah menambah berat badan.

Makanan yang harus dihindari oleh orang dengan golongan darah B adalah  ayam, untuk mengurangi risiko stroke dan gangguan kekebalan tubuh.

Makanan yang sebaiknya dikonsumsi Orang dengan golongan darah B sadalah  kambing, domba, kelinci, sayuran hijau, telur, dan susu rendah lemak.

Olahraga yang cocok dilakukan oleh orang dengan golongan darah B diantaranya yaitu bela diri campuran, bersepeda, mendaki, dan golf untuk tetap aktif secara mental dan fisik.

3. Tipe O

Makanan yang harus dihindari golongan darh O adalah jenis karbohidrat dan biji gandum. Hal ini karena tipe O memiliki kadar asam lambung yang lebih tinggi. Makanan jenis tersebut dapat menyebabkan peradangan tubuh.

Olahraga yang disrankan adalah yang melatih kardiovaskular dan otot skeletal seperti berlari.

4. Tipe AB

Hindari kafein dan alkohol dalam situasi stres. Fokuslah mengonsumsi makanan seperti tahu, makanan laut, produk susu, dan sayuran hijau.

Hindari juga semua daging yang diasap. Makanan semacam itu meningkatkan risiko terkena kanker perut.

Kurangi porsi makanan, namun dengan frekuensi yang sering. Lakukan kombinasi latihan yang menenangkan namun intens.