Telkom Regional Satu Sumatera Bangun Sistem Kabel Laut, Permudah Akses Internet Natuna

Telkom Regional Satu Sumatera Bangun Sistem Kabel Laut, Permudah Akses Internet Natuna

BATAMNEWS.CO.ID, BATAM - Executive Vice President (EVP) Telkom Regional satu Sumatera, Susatyo mengatakan PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Tbk  Regional Satu Sumatera berencana membangun sistem kabel laut di Kepri. Pembangunan itu akan dilakukan di Kabupaten Natuna setelah di area tersebut terpasang palapa ring barat.

Setelah palapa ring barat beroperasi internet akan menyebar ke kawasan lainnya di sekitar Kabupaten Natuna.

"Palapa ring barat ini akan menyelamatkan wilayah Natuna, Anambas dan Lingga, karena palapa ring barat ini menghubungkan pulau-pulau," ujar dia, Selasa, (10/4/18)D di Batam.

Seperti diketahui PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Tbk  Regional Satu Sumatera membangun sistem kabel laut sebagai bentuk komitmen membangun akses internet dengan mudah bagi masyarakat di pulau-pulau terdepan. Pembangunan tersebut semula sudah dilakukan di Pulau Sabang dan Kabupaten Nias, Sumatera Utara.

"Di Pulau Sabang kami sudah membangun sistem kabel laut dan masyarakat pulau Sabang sudah bebas mau bandwidth berapa pun bisa," kata Executive Vice President (EVP) Telkom Regional satu Sumatera, Susatyo, di Batam, Selasa.

Sekarang, lanjut Susatyo, pihaknya sedang melakukan proses penarikan kabel laut ke Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

"Untuk Provinsi Kepri kami laksanakan di Kabupaten Natuna, di sana sudah bisa sebagian walaupun (jaringan) masih pakai radio," ujarnya.

Pembangunan jaringan internet ke pulau-pulau terdepan kata Susatyo merupakan komitmen PT Telkom.

"Sebagai BUMN kita tidak hanya bertugas mencari deviden untuk negara dan pemegang saham, tapi kita juga mempunyai tugas untuk membangun bangsa serta melayani pulau-pulau terdepan," ungkapnya.

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews