Kadin Batam Optimis Sektor Pariwisata Tumbuh

Kadin Batam Optimis Sektor Pariwisata Tumbuh

Rapat Kadin Batam (Foto: Yude/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Batam optimis sektor pariwisata Kota Batam akan membantu berkembangnya perekonomian Batam. 

Ditemui usai Rapat Pimpinan Kota di kantor Kadin Batam, Selasa (10/4/2018), Ketua Kadin Batam Jadi Rajagukguk mengatakan, setelah melihat antusias masyarakat dalam mengikuti event terbesar beberapa hari lalu, ia yakin bahwa sektor pariwisata bisa membantu ekonomi Batam bangkit lagi. 

"Kenapa nggak optimis, orang yang datang ke sini itu bisa turis atau segala macam. pasti dia kan tinggal di hotel, kemudian dia makan, naik taksi, belanja, kan uang semua itu. Jadi efek ekonominya ada. jadi sektor pariwisata itu sektor real, jelas itu. chas by chas di situ dapat," kata dia

Ia melanjutkan, Kadin Batam juga kembali mendorong Pemerintah terutama Badan Pengusahaan (BP) Batam dalam mempercepat pembentukan biro pariwisata, guna menunjang seluruh agenda pariwisata di Batam dan Kepulauan Riau.

Hal tersebut nantinya merupakan salah satu yang akan direkomendasikan dalam Rapat Pimpinan Kota Kadin Batam, yang akan dilaksanakan pada tanggal 12 April mendatang.

"Pelaksanaan kegiatan ini akan kita lakukan di Best Western Hotel, Kabil, Batam," ujar Ketua Kadin Batam Jadi Rajagukguk saat ditemui di Kantor Kadin Batam.

Ia menyebutkan, percepatan pembentukan Biro Pariwisata ini diharapkan semakin memperkuat pengembangan sektor pariwisata. 

Saat ini sektor pariwisata sendiri merupakan salah satu harapan ditengah kelesuan perekonomian dan sektor industri yang tengah dialami oleh Batam saat ini.

"Kita tahu di mana awalnya Batam dibentuk untuk kawasan industri manufaktur dan industri galangan kapal. Namun sebenarnya founding father Batam yaitu pak BJ Habibie, sebelumnya sudah melihat potensi pariwisata di Batam tapi belum dikembangkan secara maksimal," lanjutnya.

Ia mengungkapkan, pembentukan Biro Pariwisata ini sendiri merupakan ide yang diberikan Kadin Batam kepada BP Batam.

"Ide ini sendiri sudah kami suarakan dari saya menjabat sebagai Ketua Kadin, hingga akhirnya dapat terealiasai di era kepemimpinan pak Lukita. Oleh karena itu, biro pariwisata ini menjadi satu hal yang penting untuk kita bahas bersama. Dimana kami juga merupakan patner kerja dari Pemerintah Kota dan juga BP Batam," ujar dia.

Ketua Panitia Rapimkot Kadin Batam, Suyono yang juga mengikuti Rapimkot menjelaskan, beberapa hal lainnya juga akan disampaikan dalam bentuk rekomendasi yang harus segera mendapat tanggapan dari Pemerintah Daerah.

"Yang utama adalah masalah kondisi Kota Batam, serta masalah ekonomi Batam dimana hal ini terkait kepastian hukum dalam perubahan status Batam dari Free Trade Zone (FTZ) menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Kemudian mengenai permaslahan ketenagakerjaan, upah, dan pemberdayaan dan pengembangan UMKM," paparnya.

Dalam kegiatan nanti Suyono menyebutkan, acara nantinya juga akan dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonian Darmin Nasution, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro, Walikota Batam Muhammad Rudi, Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo, Direktur Nongsa Digital Park Michael Wiluan, dan direktur Scarisbrick Internasional Geoff Harrison.

(ude)

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews