MTQ ke-IX Kabupaten Natuna Resmi Dibuka

MTQ ke-IX Kabupaten Natuna Resmi Dibuka

Bupati Natuna, Hamid Rizal menabuh beduk pembukaan MTQ ke IX Kabupaten Natuna di Kecamatan Bunguran Timur Laut. (Foto: ist)

BATAMNEWS.CO.ID, Natuna - Musabaqoh Tilawatil Qur’an ke XI Kabupaten Natuna resmi dibuka Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal, Selasa (27/3/2018) malam. 

Bertempat di Astaka Kecamatan Bunguran Timur Laut sebagai tuan rumah perhelatan MTQ ditandai dengan penabuhan beduk.

Dalam sambutannya, Hamid menyampaikan bahwa perhelatan ini sebagai salah satu bentuk pembangunan sumber daya manusia yang qur'ani.

"Kegiatan ini tidak hanya dijadikan ajang mengukir prestasi di bidang tilawatil qur’an semata, melainkan harus dimaknai secara luas, terutama bagi menjaga ukhuwah islamiyah, silaturrahmi khususnya bagi umat muslim Kabupaten Natuna," ujarnya.

Hamid menegaskan, MTQ bukan hanya sekadar dimaknai sebagai tolok ukur keterampilan dan kemampuan baca al qur’an semata, melainkan untuk penghayatan dan penerapan nilai-nilai suci yang terkandung didalamnya untuk bekal menjalani kehidupan. 

Ketua Panitia Penyelenggara, Hardinansyah melaporkan bahwa MTQ IX Tingkat Kabupaten Natuna tahun 2018 kali ini mengangkat tema “Melalui MTQ ke IX tingkat Kabupaten Natuna tahun 2018, kita bangun masyarakat Natuna yang Qur’ani, cerdas mandiri dalam kerangka keimanan dan budaya tempatan"

Kegiatan dilaksanakan dari tanggal 26 Mei sampai 31 Mei 2018, dengan peserta berjumlah 308 orang yang berasal dari 15 Kafilah.

Dalam catatannya, dewan hakim yang akan berperan sebagai instrumen penyaring berjumlah 102 orang, dengan cabang yang diperlombakan diantaranya Cabang Tilawah Tingkat Anak-Anak, Remaja dan Dewasa, Cabang Tilawah Tartil Qurán, Cabang Tilawah Sir’at dan Sab’ah, Cabang Hifzil Qur’an 1 Juz, 5 Juz, 10 Juz, 20 Juz, dan 30 Juz, Cabang Tartil Qur’an, Cabang Khotil Qur’an, Cabang Syarhil Qur’an, serta cabang tambahan, diantaranya  Pawai Ta’aruf, Pameran dan Bazar serta Kompang.

Pembukaan ini dihadiri oleh Anggota DPRD Provinsi Kepri, seluruh Anggota DPRD Kabupaten Natuna, Wakil Bupati Natuna, FKPD, pimpinan OPD dan seluruh kafilah peserta MTQ IX tahun 2018 ini. (fox)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews