https://www.batamnews.co.id

Piala AFC U-23

Seperti Biasa, Timnas U-23 Gagal Lagi

Evan Dimas cs lunglai usai takluk dari Korea Selatan beberapa hari lalu dalam penyisihan final AFC U-23. (Foto: Kompas)

Jakarta - Timnas Indonesia dipastikan gagal lolos ke putaran final Piala AFC U-23 di Qatar setelah Evan Dimas dan kawan-kawan tidak mampu masuk dalam lima runner up terbaik kejuaraan dua tahunan itu.

Anak asuh Aji Santoso pada babak kualifikasi Grup H hanya mampu berada di posisi kedua dengan raihan enam poin dari tiga pertandingan. Apalagi pada pertandingan terakhir melawan Korea Selatan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa, harus menyerah 0-4.

Dampak dari kekalahan telak dari Ksatria Muda Taeguk, selisih gol Indonesia menjadi 7-4 (surplus tiga gol) karena saat menghadapi Timor Leste menang 5-0 dan menang 2-0 dari Brunei Darussalam.

Indonesia dipastikan gagal ke Piala Asia U-23 di Qatar 2016, setelah Arab Saudi berhasil menaklukkan Iran, 2-1, pada laga terakhir Grup C, Selasa (31/3) malam.

Sebelumnya, Evan Dimas dan kawan-kawan memang masih berpeluang lolos lewat jalur lima runner up terbaik, setelah ditaklukkan Korea Selatan, 4-0. Berdasarkan urutannya, tim Garuda Muda menduduki posisi kelima runner up terbaik. Nasib "Garuda Muda" pun harus dutentukan oleh hasil laga grup lain.

Setelah Arab Saudi menaklukkan Iran, otomatis Iran langsung menduduki peringkat kedua runner up terbaik dari seluruh grup dengan perolehan enam poin dan surplus delapan gol. Itu membuat, posisi Indonesia turun ke peringkat keenam runner up terbaik.

Berdasarkan urutan sementara, yang lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2016 lewat jalur lima runner up terbaik adalah Thailand, Iran, Vietnam, Yaman, dan Uzbekistan.

sumber: beritasatu

 

[snw]