Kapolri Minta Nasihat Ustad Abdul Somad Soal Menjaga Keutuhan NKRI, Ini Jawabannya

Kapolri Minta Nasihat Ustad Abdul Somad Soal Menjaga Keutuhan NKRI, Ini Jawabannya

Ustad Abdul Somad bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat bertemu di Batam (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Bogor - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian kembali bertemu Ustad Abdul Somad. Sebelumnya, Tito menyempatkan diri bertemu Ustad Abdul Somad saat di Batam beberapa pekan lalu.

Kali ini Kapolri hadir dalam acara dzikir dan tausiah bersama di Masjid Az-Dzikra, Sentul, Bogor, Ahad (4/3). 

Saat sesi tanya jawab, tak disia-siakan Kapolri meminta pandangan dan masukan dari Ustaz Abdul Somad untuk institusi Polri dalam hal mencegah terjadinya perpecahan di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Tito mencontohkan beberapa negara di luar seperti di Irak, Suriah, Mesir, Yaman dan lain-lain terpecah belah. Padahal negara-negara tersebut adalah negara dengan mayoritas Islam. "Itu negara Suriah, Afganistan, Irak, Yaman, dan Mesir tempat Ustad Somad kuliah, terjadi konflik antara Muslim dan Muslim lainnya. Mereka bergejolak. Apakah konflik seperti itu bisa terjadi di Indonesia. Bagaimana mencegahnya? Gimana caranya Polri untuk mencegah itu?" tanya Tito seperti diberitakan republika.co.id.

Ustaz Somad menjawab bahwa yang diperlukan oleh Polri sebagai institusi keamanan negara adalah memadamkan persoalan bak api-api kecil yang kerap muncul ke permukaan. Indonesia negara yang besar tak luput terjadinya gejolak-gejolak yang berpotensi memecah belah bangsa.

Institusi kepolisian, menurut Ustaz asal Riau itu perlu memadamkan gejolak kecil ini agar tidak semakin meluas. Caranya dengan mengklarifikasi, memperjelas persoalan, mengkomunikasikan dengan baik dan yang pasti sambung Ustaz Somad harus ada kepastian hukum.

"Apapun bisa saja terjadi di Indonesia. Maka dalam Alquran dikatakan, jika datang orang bawa berita, klarifikasi. Utamakan tabayun. Jangan sampai dimasuki pihak lain yang ingin memecah belah. Kalau ada percikan-percikan api kita padamkan. Jangan jadi api dalam sekam yang kemudian membesar. Kepastian hukum juga harus ada," kata Ustaz Somad.

Ada cara lain menurut Ustaz Somad yang juga tak kalah penting untuk menjaga keutuhan NKRI. Walau saat ini rentan akan adu domba dan pengedaran informasi hoax, NKRI tetap akan utuh selagi ada umat Islam Indonesia yang selalu memanjatkan doa dan istighfar. Allah SWT menurut Ustaz Somad akan menghindarkan azab dan musibah kepada suatu negeri selagi di negeri tersebut masih terdengar suara istighfar dan doa.

"Insya Allah negeri kita akan damai. Kalau kita sama-sama menjaga, musibah tak akan terjadi," ucap Ustaz Somad

(snw)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews