4 Strategi Atur Keuangan di Awal 2018

4 Strategi Atur Keuangan di Awal 2018

Kabar kenaikan sejumlah kebutuhan di tahun 2018 semakin terasa. Tidak saja sembako namun juga hingga bahan bakar minyak (BBM).

Kondisi ini bisa membuat banyak orang sakit kepala dalam mengatur kecukupan pendapatan. 

Gaji belum tentu naik, tapi harga-harga kebutuhan seolah tak mau kompromi.

Anda mungkin termasuk yang kesal dengan kondisi yang cukup mengejutkan pada awal tahun ini. Namun, berkeluh kesah saja tidak akan menyelesaikan masalah.

Suka tidak suka, Anda harus beradaptasi agar kenaikan harga berbagai kebutuhan itu tidak membuat kondisi keuangan tahun ini jadi berantakan.

Bagaimana memulainya? Simak tips keuangan dari HaloMoney.co.id yang dilansir liputan6.com berikut ini:

1. Evaluasi arus kas

Cobalah melihat lagi arus keluar masuk uang di kantong Anda tiga bulan terakhir. Mana kira-kira pos yang bisa Anda tekan atau bila memungkinkan, dihapuskan. Lalu, mana pos pengeluaran yang kerap membengkak.

Pos pengeluaran di luar kebutuhan pokok adalah yang harus pertama kali Anda lihat. Misal, pos pengeluaran untuk hobi dan hiburan, kunjungan ke salon, pengeluaran dining-out, dan lain-lain.

Jika tidak terlalu penting dan memboroskan, bisa Anda kurangi atau bahkan dicoret dari daftar pos pengeluaran sehingga Anda bisa menutup pos pengeluaran. Atur strategi.

Setelah mendeteksi pos-pos pengeluaran yang bisa Anda tekan, Anda bisa membuat hitungan sederhana dengan asumsi harga saat ini.

Misal, biaya bensin dengan asumsi harga BBM lama, alokasi dana sebesar Rp 1 juta per bulan. Bila berkukuh memakai kendaraan pribadi ke mana-mana, anggaran Anda berpotensi naik kurang lebih 4 persen sebesar angka kenaikan BBM saat ini.

Anda bisa menimbang beralih memakai kendaraan umum atau mengendarai sepeda motor. Atau, bisa pula menghapus anggaran untuk perawatan kendaraan. Mencuci mobil atau motor sendiri bisa menghemat paling tidak Rp 50.000.

Harga cabai mahal berisiko ikut menaikkan harga makanan. Mengapa tidak mencoba memasak sendiri dan membawa bekal makan siang dari rumah saat bekerja? Lebih hemat dan lebih bersih.

2. Atur prioritas keluarga

Tahun ini sebenarnya Anda sudah berencana liburan bersama keluarga ke luar negeri. Anggaran sudah Anda cicil dengan menabung rutin. Di tengah tantangan tahun 2017 yang kemungkinan cukup berat, Anda bisa menimbang untuk melihat lagi rencana liburan itu. Tidak perlu dibatalkan, tapi mungkin perlu dikemas ulang dengan lebih ekonomis.

Prioritaskan rencana pada kebutuhan yang terpenting. Misalnya, meneruskan investasi dana pendidikan anak, menabung untuk dana pensiun, menyelesaikan beban utang, dan lain sebagainya. Baca juga: Pinjaman Online Tanpa Syarat Kartu Kredit

3. Cari pendapatan lebih

Bila pergerakan harga sering berlari jauh lebih kencang melampaui kenaikan penghasilan, mungkin tahun ini Anda perlu memasukkan opsi menambah penghasilan dari sumber lain.

Caranya, bisa dengan merintis usaha sampingan di samping pekerjaan resmi Anda. Atau, Anda bisa menimbang melamar pekerjaan di tempat baru yang lebih menjanjikan dari sisi kesejahteraan?

4. Mencari usaha sampingan

Bila tidak pindah kerja, mungkin Anda cukup mencari usaha sampingan yang menguntungkan dan halal sambil bekerja di tempat kerja Anda saat ini. Lakukan pekerjaan sampingan di sela waktu luang usai pulang kerja dan akhir pekan.

Saat ini tersedia banyak sekali usaha sampingan yang bisa lakukan sesuai dengan kemampuan dan minat Anda.

Dengan melakukan persiapan dan antisipasi menghadapi tantangan di tahun 2018, kondisi keuangan Anda tahun ini bisa terjaga lebih stabil dan memadai. Selamat berhemat dan menggapai impian finansial Anda tahun 2018.

(snw)

 

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews