Sebanyak 61 SLTP di Batam Belum Mampu Gelar UN Berbasis Komputer Tahun ini

Sebanyak 61 SLTP di Batam Belum Mampu Gelar UN Berbasis Komputer Tahun ini

Ilustrasi UNBK

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Baru 47 Persen SLTP di Batam yang mampu menggelar UN Berbasis Komputer (UNBK). Jumlah itu didominasi sekolah swasta. Selebihnya masih memakai sistem UN berbasis kertas dan pensil (UNBKP).

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin mengatakan diantara 116 SLTP yang ada di Batam, hanya 55 sekolah yang mampu UNBK, dan ada 9 SMP Negeri yang bisa ikut. Artinya masih ada 61 SLTP lainnya yang masih memakai sistem UN manual UNBKP

“Sisanya swasta, SMP negeri memang masih lebih sedikit,” ujar Muslim, Senin (12/2/2018). 

Tahun ini, ada peningkatan jumlah sekolah yang mengikuti UNBK, dimana awalnya hanya 30 sekolah yang dapat mengikuti UNBK tahun lalu.

"Ada beberapa SMPN yang menumpang saat UNBK. Tapi saya tidak ingat sekolah mana saja," kata dia.

Ia mengakui terkait sarana prasana UNBK memang sebagian sekolah sudah mampu dan ada juga yang belum.

Sehingga Batam belum dapat 100 persen untuk kepesertaam UNBK, setidaknya sekolah harus memenuhi syarat ketersediaan peralatan minimal 30 persen dari jumlah siswa.

“Tahun depan kita ingin Batam 65 persen sudah bisa mengikuti UNBK, kalau sekarang masih sekitar 47 persen sekolah yang dapat mengikutinya,” jelasnya.

Disinggung ada soal esai saat UN, Muslim mengatakan bahwa kebijakan itu sudah diatur dari pusat. Pihaknya hanya menjalankan saja. 

"Selagi sekolah dan anak sudah siap mengahadapinya saya rasa tidak ada masalah. Pada intinya mereka harus giat belajar. Kan sama aja beda cara aja," katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews