Dishub Lingga Prioritaskan Pembanguan Pelabuhan Pulon

Dishub Lingga Prioritaskan Pembanguan Pelabuhan Pulon

Warga Pulon gotong royong memperbaiki pelabuhannya yang ambruk agar bisa digunakan dan disinggahi kapal fery (Foto:Ist/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Memperihatinkannya kondisi Pelabuhan Pulon, Desa Mentuda, Kecamatan Lingga, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, menjadi perhatian serius oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Lingga.

Kepala bidang (Kabid) Perhubungan Laut dan Udara di Dishub Lingga, Selamat mengatakan, Pelabuhan Pulon sudah tidak memungkinkan untuk dilakukan rehab. Sehingga, harus dilakukan pembangunan ulang.

"Baru-baru ini kita turun ke Pulon, Pelabuhan Pulon ini mau tidak mau harus kita ganti, kalau itu di rehab, tidak memungkinkan lagi, karena dengan bangunan tiang pancang yang memang cor di tempat, itu tidak bisa bertahan dengan waktu yang lama. Itu jembatannya putus," kata dia kepada batamnews.co.id ketika ditemui di ruang kerjanya, Senin (12/2/2018).

Dia mengatakan, tersebut akan menjadi prioritas Dishub di tahun 2019 mendatang, menggunakan APBD murni. Bahkan, pihak desa sudah diarahkan untuk mencari lokasi baru.

"Kami sudah sampaikan kepada kepala desa, ini menjadi prioritas pertama di tahun 2019, karena ini murni. Pihak desa juga sudah menyiapkan lokasi yang baru, itu sudah dilihat. Tapi kita juga berupaya apabila tahun ini bisa di suport dengan perawatan rutin, kita perbaiki dulu mana yang bisa diperbaiki," katanya.

Ia mengaku, pelabuhan tersebut bagaimanapun wajib dibangun. Karena, jika masih saja seperti saat ini, kapal fery reguler tidak akan menyinggahi pelabuhan itu.

"Saya komitmen tahun 2019 ini Pulon jadi prioritas," ujarnya.

Sementara itu, untuk pembangunan pelabuhan lainnya yang menjadi prioritas Dishub Lingga yakni, Pelabuhan Tanjung Lipat serta Pulau Bukit yang keduanya berada di Kecamatan Senayang. 

(ruz)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews