KM Kumala Indah Karam, 9 Awak Kapal Terjebak

KM Kumala Indah Karam, 9 Awak Kapal Terjebak

Ilustrasi. (foto:ist net)

BATAMNEWS.CO.ID, Medan - Kapal kargo KM Kumala Indah tenggelam di perairan Belawan, Sumatera Utara, Selasa (24/3/2015) kemarin. Akibat peristiwa itu,  9 dari 14 Anak Buah Kapal (ABK) dinyatakan hilang.

"Para ABK yang selamat sebelumnya terapung-apung sekitar 3 jam di laut," kata Nahkoda KM SAR Nakula Totama Telembanua di Medan, Rabu (25/3/2015).

Kapal kargo KM Kumala Indah yang berbendera Indonesia itu tenggelam diduga karena menabrak bangkai kapal di kawasan perairan Belawan. Akibatnya, kapal yang mengangkut tujuh ratus ton besi ini mengalami kebocoran di bagian lambung dan akhirnya tenggelam.

Sebelumnya, kapal dengan 14 ABK ini berangkat dari Dermaga Gudang Arang, Pelabuhan Belawan, untuk berlayar ke Kalimantan Barat.

Kepala Subseksi Operasi Kantor SAR Medan, Gusti Syaiful Bachri, mengatakan, kapal diduga rusak dan karam setelah menabrak bangkai kapal yang terlebih dahulu tenggelam di perairan tersebut.

"Lima orang yang berhasil selamat mengaku ada benturan keras sebelum akhirnya kapal tenggelam. Dugaan kita, kapal menabrak bangkai kapal yang ada di dasar laut. Sembilan awak yang belum ditemukan kita perkirakan terjebak di dalam kapal," ujarnya, Rabu (25/3/2015).

Gusti menjelaskan, kapal tersebut karam setelah melaut sekira 45 menit dari Pelabuhan Belawan.

"Titik tenggelamnya KM Kumala Indah berada di sekitar Lampu 2 atau Buoy 2 Perairan Belawan. Lokasi tersebut berjarak 45 menit dari pelabuhan," tuturnya.

Gusti menyebut, pihaknya terus melakukan pencarian terhadap bangkai kapal dan awak yang masih hilang. Hingga saat ini, Tim SAR gabungan masih mencari korban hilang termasuk nahkoda kapal.

(her)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews