Giliran Grab Dapat Suntikan Rp 33 T dari Toyota dan Hyundai

Giliran Grab Dapat Suntikan Rp 33 T dari Toyota dan Hyundai

Ilustrasi. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Pesaing  Go-Jek, Grab juga rajin berburu investor. Jika Go-Jek mendapat dukungan dana dari Google, Grab menggaet dua investor strategis dalam waktu satu tahun.

Setelah memperoleh suntikan dari Toyota pada Agustus 2017, platform transportasi berbasis online asal Malaysia ini, menerima kucuran dari Hyundai, raksasa otomotif asal Korea Selatan, seperti yang dituliskan Majalah Tempo edisi 28 Januari 2018. 

Kesepakatan itu diumumkan pada 11 Januari 2018. Persetujuan tersebut bagian dari pendanaan US$ 2,5 miliar atau sekitar Rp 33,2 triliun, yang dipimpin Didi Chuxing dan SoftBank sejak pertengahan tahun lalu.

Dari informasi di situs perusahaan, Direktur Inovasi yang juga Kepala Divisi Strategi dan Inovasi Hyundai Young Cho Chi mengatakan, kemitraan strategis dengan Grab akan membantu Hyundai mengeksplorasi peluang baru di industri mobilitas.

Salah satu kerja samanya adalah Grab akan menggunakan mobil ramah lingkungan keluaran Hyundai, IONIQ Electric. "Ini membawa Hyundai selangkah lebih dekat mewujudkan visi industri mobilitas di masa depan," ujarnya.
 
Toyota menyuntik Grab lewat Toyota Tsusho Corp. Tidak diketahui berapa jumlah uang yang dibenamkan Toyota di Grab pada Agustus 2017. Namun pada Juli 2017, seperti dikutip Reuters, dari US$ 2,5 miliar pendanaan, sebanyak US$ 2 miliar berasal dari kantong Didi Chuxing dan SoftBank. Sisanya dari pemodal lain, yaitu Toyota dan Hyundai.

Sementara Go-Jek mendapat suntikan sekitar Rp 16 triliun dari Google, Temasek, KKR & Co, Warburg Pincus LLC, dan platform online Cina, Meituan-Dianping.

(ind)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews