Pusat Layanan Usaha Terpadu-KUMKM Segera Hadir di Batam

Pusat Layanan Usaha Terpadu-KUMKM Segera Hadir di Batam

Ilustrasi (foto : ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (PLUT-KUMKM) kota Batam segera dibangun tahun ini dengan mengunakan dana dari Kementrian Koperasi sebesar  Rp 2,6 miliar.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Suleman Nababan mengatakan proses pembangunan layanan usaha terpadu ini sudah pada tahap pembuatan desain. 

"Untuk desainnya kita yang buat. DED (detailed engineering design) sudah dibuat Cipta Karya (Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang) 2017 lalu,"ujar Suleman di Sekupang, Jumat (19/1/2018).

Suleman mengatakan, Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) ini akan dimanfaatkan untuk galeri promosi produk hasil KUMKM Batam. 

Karena selama ini, kata dia, pemasaran merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi usaha mikro kecil.

"Persoalan mereka, produk ada, tapi ada tempat pemasaran. Kalau mau masuk mal, syaratnya macam-macam," kata dia.

Ia menjabarkan PLUT tersebut akan dibangun di Bengkong, tepatnya di samping Hotel Golden Bay. Dan didirikan di atas lahan seluas 5.000 meter persegi, hibah dari pengusaha.

Dengan hadirnya PLUT di Batam juga dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi usaha mikro , seperti terbatasnya akses teknologi. Nantinya PLUT ini akan menyediakan tenaga pendamping yang ahli dalam bidangnya. Selain itu PLUT juga akan dilengkapi pelayanan untuk dana bergulir.

"Sekaligus tempat pelatihan peningkatan sumber daya manusia KUMKM. Kemudian fasilitasi dana bergulir di situ juga. Ada perbankan juga. Jadi satu pintu," kata dia.

Fasilitas lainnya yaitu perpustakaan yang bisa digunakan pengusaha mikro untuk membaca buku terkait usaha.

(ret)

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews