https://www.batamnews.co.id

Listrik Sering Padam, Kini Ada Ponsel Canggih Bertenaga Surya

Samsung bertenaga surya. (foto: phonearena)

BATAMNEWS.CO.ID - Samsung perusahaan raksasa asal Korea Selatan merancang sebuah ponsel dengan dukungan panel surya. Sehingga daya baterai ponsel tidak membutuhkan listrik.

Sebagaimana dilansir Phone Arena, Senin (23/3/2015), Samsung merilis handset bertenaga surya yang pertama di dunia. Seri Guru E1107 memiliki fitur sel tenaga surya yang dibangun di bagian belakang ponsel itu.

Saat ponsel terpapar sinar matahari maka sel surya yang tersemat akan otomatis mengisi daya baterai dan membuatnya mampu melakukan panggilan telefon selama lima sampai tujuh menit. Meski begitu, ponsel Samsung bertenaga surya itu membutuhkan waktu satu jam untuk menyerap sinar matahari.

Banyak yang belum mengetahui kalau seri Guru E1107 dirancang untuk konsumen yang tinggal di pasar berkembang dan daerah yang sering terjadi pemadaman listrik. Salah satu negara berkembang di kawasan Asia yang menjadi pangsa pasar ponsel tersebut ialah India.

Selain Guru E1107, pada 2009, perusahaan asal Negeri Ginseng tersebut juga meluncurkan Blue Earth. Ponsel ini juga menampilkan sel surya di punggungnya dan mampu mengubah sinar matahari menjadi tenaga baterai.

Berbeda dengan Guru E1107 yang sederhana, Samsung Blue Earth didukung jaringan 3G dan menawarkan beberapa kelebihan fitur, seperti akses ke website, Youtube, dan media sosial.

(ind/bbs/inilah)