Sejumlah Pejabat Turun ke Kampung Cina

Sejumlah Pejabat Turun ke Kampung Cina

Kegiatan OPD di Kampung Cina (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Lingga, Kepulauan Riau, serta aparat penegak hukum gelar gotong royong (goro) membersihkan lahan kebakaran Kampung Cina Kelurahan Daik Kecamatan Lingga Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau.

Koordinator Karya Bhakti Gotong Royong pembersihan Kampung Cina, Pabung Mayor Czi I Putu Suparna B yang juga merupakan perwakilan 

Dandim 0315/Bintan mengatakan, gotong royong tersebut diikuti dari masing-masing petugas dari beberapa OPD Pemkab Lingga dibantu oleh pihak TNI yakni Kodim 0315 Bintan, Koramil 05 Daik Lingga, Polsek Daik Lingga serta masyarakat termasuk warga yang menjadi korban kejadian. 

"Tujuan dari gotong royong ini agar para pengusaha segera bangkit kembali membuka usahanya sehingga ekonomi berjalan seperti sedia kala," kata dia kepada Batamnews.co.id, Selasa (19/12/2017).

Dia menjelaskan, sisa material baik berupa puing kayu bangunan, seng atau atap dan lainnya termasuk pecahan kaca di angkut menggunakan kaisar dan juga Lori berukuran sedang untuk di pindahkan ke tempat pembuangan sampah (TPS) sementara yang berada di Desa Musai, Kecamatan Lingga. 

Sementara untuk puing bangunan yang masih berdiri, di robohkan dengan menggunakan alat berat. Sebab jika menggunakan tangan kosong akan menghambat waktu pembersihan menjadi lama. 

"Kita usahakan pembersihan ini selesai pada hari ini juga. Kalau tidak mungkin, ya kita lanjutkan sampai besok sesuai jadwal. Tapi, kita usahakan selesai secepatnya," ujarnya.

Ia berharap, dalam proses pembersihan lokasi Pasar Daik ini tidak ditemukan kendala yang berarti. Sebab setelah ini lokasi pasar itu kembali akan ditata menjadi sedemikian rupa. 

"Intinya dalam pembersihan ini kita ratakan bangunan bekas terbakar tanpa ada tersisa. Agar lokasi jadi bersih dan terhindar dari kata kumuh," katanya.

Sebagaimana diketahui, Marya bakti ini turut di libatkan instansi dari pemerintah setempat, sepeti PU, Satpol PP, Dinsos dan juga pihak Polri yakni Poslek serta instansi lainnya termasuk masyarakat. 

(ruz)

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews