Dana Desa Tak Kunjung Cair, Kabid DPMD Said: Sudah Dua Kali Kita Surati

Dana Desa Tak Kunjung Cair, Kabid DPMD Said: Sudah Dua Kali Kita Surati

Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lingga Said Asy Ari (Foto: Ist/Ruz)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Dana Desa tahap dua tak kunjung cair di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau. Pencairan belum menampakkan tanda-tanda meski sudah masuk pertengahan Desember 2017. 

Ada enam desa di Kabupaten Lingga yang masih menunggu dana tersebut.

Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lingga Said As'y Ari mengatakan, keterlambatan pencairan dana karena belum dilakukannya proses administrasi.

"Tapi kita sudah dua kali menyurati dan menghubungi lewat telepon. Dapat info dari kadesnye Senin ini mereka memasukkan pencairannya. Teknisnya, desa lah lagi," kata dia kepada Batamnews.co.id, Jumat (8/12/2017).

Ari mengaku, jika pihak desa tidak sempat untuk membangun dikarenakan keterlambatan pencairan tersebut, maka dana yang cair ini akan silpa di rekening desa.

Namun, apabila nanti terjadi silpa di atas 30 persen, maka Dana Desa tahun berikutnya, desa tersebut akan dipotong anggarannya sebanyak silpa itu juga.

"Tapi kita dah selalu berkomunikasi dengan mereka dan mengajak mereka untuk cepat dan selalu berdampingan dengan pendamping desa," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, dari 75 desa yang ada di Lingga, adapun 6 desa yang belum melakukan pencairan dana desa tahap II tersebut Yakni, Desa Rejai, Desa Resang, Desa Berhala, Desa Limbung serta Desa Baran. 

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews