Tidak Pakai Helm, Pengendara Disuruh Dorong Motor

Tidak Pakai Helm, Pengendara Disuruh Dorong Motor

Ekspresi kaget pengendara saat razia di depan Mapolres Karimun, Rabu sore. (foto: edo/batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Karimun - Para pengendara kendaraan di depan Mapolres Karimun tiba-tiba diarahkan masuk ke halaman mapolres, Rabu (22/11/2017) sore.

Ratusan kendaraan baik roda empat dan roda dua diarahkan oleh petugas untuk masuk ke halaman mapolres, untuk dilakukan pemeriksaan kelengkapan kendaraan dan surat-surat.

Kaur Bin Ops (KBO) Sat Lantas Polres Karimun, Iptu Indra Buana Lubis mengatakan bahwa, kesadaran masyarakat sudah kembali kurang dalam berkendara, dan tidak memikirkan keselamatan saat berkendara.

“Ini operasi rutin setelah Operasi Zebra kemarin, nampak sekali kesadaran masyarakat berkurang, lihat saja, ada yang tidak pakai helm dan kaca spion,” ucapnya usai gelar razia kepada wartawan.

Dalam razia yang digelar, sekitar 30 kendaraan roda dua terpaksa ditahan karena tidak memiliki kelengkapan berkendara, baik surat-surat atau kelengkapan lainnya.

Menurutnya, untuk kendaraan roda empat, kebanyakan berasal dari luar daerah Karimun dan saat dilakukan pemeriksaan banyak pengemudi tidak pakai SIM dan tidak membawa STNK.

“Ada sekitar 30 kendaraan roda dua tadi, dan 5 roda empat,” ucap Indra Lubis.

Sementara itu, saat petugas melakukan razia, berbagai ekspresi terlihat dari para pengendara. Ada yang kalem, panik, kaget, dan kesal.

Untuk pengendara yang tidak menggunakan helm dan kaca spion, diminta untuk mendorong motor ke meja tilang.
 

(aha)