Geber Ekspos Wisata 2018, Ini Agenda Even di Natuna

Geber Ekspos Wisata 2018, Ini Agenda Even di Natuna

Salah satu gelaran festival pantai yakni lomba perahu tradisional yang digelar di dekat area lego jangkar perahu Yacht milik peserta Malaysia Sail di Pantai Tanjung, Natuna. (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Natuna - Beberapa even wisata siap dihelat di Kabupaten Natuna pada 2018 mendatang. Dinas Pariwisata (Dispar) Natuna tengah gencar menarik para wisatawan untuk datang ke Natuna dengan media even kultural, unik dan artistik.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Natuna, Erson Gempa mengatakan pihaknya kini sedang fokus bagaimana agar even-even yang dicari para wisatawan bisa digelar secara rutin.

Erson mengakui, masih banyak kekurangan infrastruktur yang ada di Natuna. Namun prioritas dinas pariwisata ditegaskannya bagaimana mewadahi adanya gelaran-gelaran wisata yang menarik. Begitu juga mempromosikan potensi alam Natuna.

"Kalau kita bicara harus bangun infrastruktur yang lengkap terlebih dahulu, saya rasa itu hal yang berat dengan kondisi sekarang. Pemerintah di sini fokus berperan bagaimana even digiatkan," ujar Erson, Sabtu (18/11/2017).

Menurutnya jika even-even kultural dan unik, serta gelaran rutin terlaksana di Natuna, orang akan datang. "Even dan keindahan alam ini harus dipromosikan. Ini yang akan membuat para wisatawan penasaran," ujar Erson.

Terkait minimnya infrastruktur pariwisata, Erson mengatakan, ranah pembangunan infrastruktur berada di tangan investor dan pihak swasta. Menurutnya pemerintah hanya memberikan wadah dan kemudahan. Salah satunya harus bisa membuat rasa dan keinginan wisatawan untuk berkunjung terlebih dahulu ke Natuna.

"Kalau kita lihat Batam dengan segala yang ada disana, Bintan dengan Lagoinya, Itu kan swasta yang bangun.  Nah Natuna kita harus bisa buat orang datang dulu, salah satunya dengan even dan promosi alam seperti tujuan wisata, hewan-hewan dan serangga langka di sini," terangnya.

Dari sana, berbagai kekurangan itu diharapkan perlahan terbangun. "Ya mungkin karena ada acara unik di sini dan orang sering datang, secara bertahap akhirnya pihak swasta melengkapi infrastruktur yang dibutuhkan," kata Erson.

Menurutnya untuk membantu hal itu lima aspek penunjang wisata harus jalan, yakni pemerintah, bisnisman, komunitas, peneliti dan media massa.

Berikut even pariwisata yang bakal digelar pada 2018 mendatang di Kabupaten Natuna:

24 Juni: Festival Pulau Senua

*Lomba Diving, Pelepasan Tukik, Lomba Kolek, Lomba Fotografi, Lomba Renang Aksi Bersih Pantai.

Juni: Festival bahari

*Penyambutan turis-turis pemilik yacht peserta Malaysia Sail yang menyinggahi Natuna dan atraksi kesenian, Lomba Pompong Hias, Lomba Kupas dan Kukur Kelapa, Festival Mancing.

Juli: Parade Tari Melayu Tingkat Provinsi

27 Juli-1 Agustus: Fun Touristic Festival

*Parade dan pawai kendaraan hias, Syukuran hari jadi ke-147 Kota Ranai, Festival Band Natuna, Festival Nyuluh bekarang, Festival Gasing Nusantara, Natuna Bird Festival, Festival Lagu Melayu, Festival Layang-layang.

6-12 Oktober: Pekan Expo Pariwisata

*Natuna Marathon 15 Km, Pameran Pembangunan Natuna, Seminar Workshop Pariwisata, Mount Bike

Festival Dangdut, Lomba Video Fotografi Destinasi Wisata dan Budaya Natuna, Natuna Berdzikir Memperingati HUT ke-19 Kabupaten Natuna.

[fox]