Amsakar: Sekolah Swasta Gratiskan Biaya Siswa Tidak Mampu

Amsakar: Sekolah Swasta Gratiskan Biaya Siswa Tidak Mampu

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad. (foto: batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad meminta sekolah swasta di tingkat SD dan SMP untuk bisa memberikan biaya sekolah gratis bagi peserta didik yang dianggap tidak mampu.

"Kami berharap mereka (swasta, red) bisa memberikan 10 persen dari kuota siswa baru untuk dibebaskan dari biaya selama menempuh pendidikan," kata Amsakar, Senin (13/11/2017).

Ia menilai dengan langkah yang dilakukan oleh sekolah swasta tersebut dapat mengurangi keinginan para orang tua untuk memasukkan anaknya ke sekolah negeri.

"Biasanya, alasan orang tua memasukkan anaknya ke sekolah negeri karena biaya pendidikan yang terbilang murah, jadi kalau ada pembebasan biaya di sekolah swasta bagi peserta didik yang tidak mampu, orang tua dapat mempertimbangkannya," jelasnya. 

Amsakar juga menambahkan, selama ini pemerintah juga telah memberikan bantuan terhadap sekolah dan pengajar di swasta. Jadi sudah seharusnya mereka membantu pemerintah dengan merealisasikan usulan ini.

"Selama ini kami memberikan insentif serta bantuan melalui Bosda jadi saya rasa permintaan ini tidaklah memberatkan sekolah karena hanya 10 persen dari kuota penerimaan saja," kata dia.

Amsakar berharap permintaan ini bisa agar bisa dipertimbangkan dan dia meminta Dinas Pendidikan Batam membahas hal ini bersama, agar bisa direalisasikan tahun depan.

"Ya kami harapkan setidaknya ini mengurangi penumpukan siswa di sekolah negeri. Selain penambahan sekolah baru dan RKB (ruang kelas baru) yang juga dilakukan Disdik tahun depan," jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Disdik Kota Batam, Hendri mengatakan akan memanggil sekolah swasta untuk membahas usulan bebas biaya bagi warga yang tidak mampu ini.

"Nanti dipanggil dulu, dan kami berharap mereka menerima usulan bebas biaya 10 persen dari kuota ini," ujarnya.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews