Ancam Korut, Trump Bilang 3 Kapal Induk AS Siaga Tempur

Ancam Korut, Trump Bilang 3 Kapal Induk AS Siaga Tempur

Kapal induk Amerika Serikat, USS Ronald Reagan. (Foto/ABC News)

BATAMNEWS.CO.ID, Seoul - Presiden Donald Trump kembali memperingatkan Korea Utara (Korut) untuk duduk berunding membahas solusi krisis senjata nuklir Pyongyang. Berbicara di Seoul, Trump blak-blakan bahwa tiga kapal induk terbesar dan kapal-kapal selam Amerika Serikat sudah disiagakan di sekitar Semenanjung Korea.

Trump berharap Washington tidak menggunakan kekuatan penuh untuk mengatasi Korut. Retorika Trump ini sensitif bagi Korea Selatan yang sejak awal menolak perang antara Washington dan Pyongyang karena Seoul akan menjadi korban.

”Saya pikir kami menunjukkan kekuatan yang besar,” kata Trump dalam konferensi pers di Seoul, Selasa (7/11/2017). ”Kami mengirim tiga kapal induk terbesar di dunia (ke Semenanjung Korea) dan kapal selam nuklir juga disiagakan,” lanjut dia.

“Kami berharap kepada Tuhan, kita tidak perlu menggunakan kekuatan militer yang dimiliki AS di Semenanjung Korea,” imbuh Trump. ”Dengan mengatakan bahwa, saya benar-benar percaya, masuk akal bagi Korea Utara untuk datang ke meja (perundingan) dan membuat kesepakatan yang baik untuk rakyat Korea Utara.”

Tiga kapal induk terbesar di dunia yang dimaksud Trump adalah kapal USS Nimitz, USS Ronald Reagan dan USS Theodore Roosevelt. Beberapa kapal raksasa ini sebelumnya telah menjalani simulasi perang dalam latihan gabungan antara angkatan laut AS, Australia dan Korea Selatan.

Trump tetap merahasiakan posisi kapal selam AS. Namun, kapal selam USS Michigan yang dipersenjatai dengan rudal jelajah Tomahawk pernah singgah di pelabuhan di Busan, Korea Selatan, pada bulan lalu.
 
(ind)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews