Bantuan untuk Nelayan Bintan Rp 6 Miliar Bakal Dikucurkan

Bantuan untuk Nelayan Bintan Rp 6 Miliar Bakal Dikucurkan

BATAMNEWS.CO.ID, Bintan - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Bintan, Fachrimsyah mengatakan bantuan alat tangkap ikan seharga Rp 6.252.422.500 untuk nelayan di tujuh kecamatan akan diserahkan dalam dua tahapan. Diantaranya pada akhir Oktober ini dan akhir November mendatang.

"Khusus kapal dan fiber box akan diserahkan akhir bulan ini. Sedangkan kelong diserahkan akhir bulan depan," ujar Fachrim kepada batamnews, Sabtu (7/10/2017).

Bantuan yang akan diserahkan akhir bulan ini telah menyerap dana APBD 2017 sebesar Rp 4.867.422.500. Meliputi kapal motor kayu berkapasitas 2 Grosetone (GT) untuk penarik kelong apung. Kemudian kapal penangkap ikan kayu berkapasitas1 GT, 2 GT, 3 GT dan 5 GT.

Selanjutnya, perahu motor tempel kayu dan kapal penangkap ikan fiber berkapasitas 1 GT. Lalu, perahu motor tempel fiber dan perahu bermotor fiber berkapasitas 2-3 GT, serta fiber box ukuran 400 Kg dan 200 Kg.

"Rencananya bantuan kapal, alat tangkap ikan dan fiber box diserahkan secara simbolis di Desa Dendun, Kecamatan Mantang," katanya.

Sedangkan penyerahan bantuan kelong tancap dan kelong apung akan dilaksanakan pada bulan depan. Rencananya penyerahan kelong tersebut dipusatkan di wilayah Kelurahan Kawal, Kecamatan Gunung Kijang.

"Kelong tancap dan apung seharga Rp 1.385.000.000 ini belum selesai sepenuhnya. Jadi akan diserahkan November mendatang," tutupnya. 

Tujuh kecamatan yang akan mendapatkan bantuan ini adalah Kecamatan Mantang, Bintan Pesisir, Teluk Sebong, Teluk Bintan, Gunung Kijang, Seri Kula Lobam, dan Tambelan. Sedangkan tiga kecamatan lainnya yaitu Kecamatan Bintan Timur, Bintan Utara dan Toapaya tidak mendapatkan. 

(ary)

 

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews