6 Jurusan Kuliah yang Lulusan Wanitanya Digaji Lebih Tinggi dari Pria

6 Jurusan Kuliah yang Lulusan Wanitanya Digaji Lebih Tinggi dari Pria

Foto: OretOret/ist

BATAMNEWS.COO.ID - Bidang kerja memang tidak harus selalu sesuai dengan jurusan kuliah. Namun jurusan kuliah yang tepat tentu bisa membantu Anda meraih masa depan yang lebih cerah. Pemilihan jurusan pun penting diperhatikan bagi wanita yang menurut pakar masih tertinggal dari pria untuk urusan penghasilan. Beberapa jurusan kuliah diketahui menghasilkan lulusan wanita yang digaji lebih besar dari prianya. Tanpa bermaksud melarang wanita memilih jurusan studi yang mereka suka, berikut lima jurusan kuliah tersebut yang mungkin bisa jadi referensi Anda:

Jurusan Personalia

Personalia atau HRD adalah divisi kerja di mana wanita cukup banyak memimpin. Tak heran, mereka yang berprofesi di bidang ini bisa mendapat gaji yang cukup menjanjikan. Banyak wanita dalam divisi tersebut yang memegang jabatan tinggi. Wanita memang cocok mengambil jurusan manajemen pesonalia karena punya kemampuan mengorganisi yang lebih baik.

Jurusan Kosmetologi/Tata Rias

Meski banyak pula pria yang berprofesi sebagai makeup artist atau hair stylist, jurusan tata rias lebih banyak diminati oleh wanita. Mereka yang bergelut di bidang tersebut pun bisa menghasilkan lebih banyak uang dari mereka. Dalam jurusan tata rias biasanya mahasiswa diajarkan untuk mempercantik kulit, rambut, dan tubuh secara keseluruhan. Mereka bisa lebih berkembang karena wanita secara natural suka merawat diri.

Jurusan Okupasi Terapi

Selain mengasuh dan menyiapkan makan, wanita juga punya insting dalam merawat. Karenanya, jurusan okupasi terapi patut dilirik pula. Jurusan tersebut menyiapkan para mahasiswa untuk bisa merawat orang sakit atau berkebutuhan khusus dengan terapi-terapi spesial. Untuk bisa sukses dalam pekerjaan ini dibutuhkan pula kesabaran, kegigihan, dan empati yang tinggi. Semakin cocok untuk wanita yang umumnya bisa lebih peka dengan penangan emosi pasien.

Jurusan Nutrisi

Mahasiswa lulusan jurusan nutrisi cukup banyak dibutuhkan sekarang ini. Pengetahuan nutrisionis umumnya diperlukan pasien rumah sakit hingga atlet. Jurusan tersebut memang cukup diminati wanita kemungkinan karena insting mereka yang kuat dalam menjaga kesehatan keluarga. Wanita pun biasanya bertugas dalam memberi makan sehingga punya bakat yang natural dalam bidang ini.

Jurusan Pendidikan

Dilansir Womens Article, wanita yang lulus dari jurusan pendidikan banyak yang berpenghasilan lebih besar dari pria. Bidang studi ini juga diminati banyak wanita karena punya bawaan sifat mengasuh dan mendidik. Wanita pun diketahui punya lebih banyak kesabaran dan empati sehingga cocok dengan pekerjaan sebagai pendidik. Apalagi profesi ini tidak terlalu menguras waktu sehingga wanita bisa menyeimbangkan perannya sebagai ibu dan guru.

Jurusan Interior Desain

Anda yang merasa berjiwa seni patut mempertimbangkan jurusan interior desain, fotografi, atau sejarah seni. Wanita yang mengambil jurusan tersebut dikatakan punya gaji yang menjanjikan bahkan bisa lebih besar dari pria kebanyakan. Hal tersebut dikarenakan kemampuan wanita dalam memperhatikan detail yang lebih baik dari pria.

 

(yud)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews