Inilah Tekstur Batu Giok Ratusan Ton yang Ditemukan di Kerinci

Warga berdatangan mencongkel batu yang menempel di dinding bukit. (foto:kerincizone)

BATAMNEWS.CO.ID, Kerinci - Penemuan batu akik yang diduga berjenis giok di Desa Sungai Tutung, Kecamatan Air Hangat Timur, Kabupaten Kerinci terus mendapat perhatian warga.

Menurut tokoh masyarakat Sungai Tutung Andri, batu tersebut memiliki tekstur yang cukup unik dan memikat. Dikatakannya, batu diduga giok tersebut melekat di bukit daerah Pemucuk, Desa Sungai Tutung yang berjarak 2 km dari jalan raya.  

Panjang batu diperkirakan 20 meter dengan tinggi 5 meter, sedangkan berat batu diprediksi ratusan ton.

Dia menyebut, tidak mudah untuk mendapatkan batu giok berwarna hijau yang berkualitas super. Karena, masyarakat baru dapat mengambil batu di kulit luar batu saja.

"Warna luar batu putih, kalau terbuka kulitnya baru dapat yang hijau, tapi sulit mendapatkannya. Ada juga yang panca warna di batu tersebut,” ucapnya seperti dilansir kerincizone.

Untuk mengamankan lokasi petugas Polisi dari Polsek Air Hangat Timur hingga kini terus berjaga-jaga. "Polisi ada yang berjaga-jaga disana,” ujarnya.

Kapolsek Air Hangat Timur AKP Suhardi Sidin mengimbau warga untuk tidak berebut apalagi terjadi gesekan antara warga.”Kita melakukan pengamanan di lokasi agar tidak terjadi keributan atau hal-hal yang tidak diinginkan di lokasi,” katanya.  

(ind/bbs/kz)