Stok Obat di RSUD dan Puskesmas Minim, Ini Kata Kadinkes Lingga

Stok Obat di RSUD dan Puskesmas Minim, Ini Kata Kadinkes Lingga

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes-PPKB) Lingga, Syamsu Rizal (foto : Ruzi/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Kepala Dinas Kesehatan Lingga, Syamsu Rizal mengatakan bahwa selama ini ia telah berupaya untuk menangani permasalahan minimnya stok obat di RSUD Encek Maryam serta sejumlah Puskesmas.

Namun, kata dia, segala sesuatu yang berhubungan dengan anggaran dibutuhkan proses panjang, yang tidak boleh dilanggar.

"Saya datang kesini, beberapa stok AMS (Alat Medis Habis Pakai) kosong, bahkan kita kehilangan kepercayaan dari pihak ketiga, ini membuat saya putar otak," kata dia kepada batamnews.co.id, Selasa (08/08/2017).

Mengenai kekosongan penggunaan obat-obat di rumah sakit saat ini, menurutnya dikarenakan ada beberapa kendala dalam pengimputan data dengan sistim digital yang membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

"Kita harus melalui proses e-Katalog untuk mendapatkan beberapa obat yang disiapkan pemerintah pusat. Proses itu saja membutuhkan waktu empat bulan paling cepat, tapi sekarang semuanya sudah terpenuhi, kemudian untuk kekurangan lainnya kita juga melakukan lelang," kata dia.

Selain itu, ia melanjutkan, saat persoalannya keluhan masyarakat terhadap pelayanan masyarakat banyak terjadi di RSUD Encik Maryam.

"Kita akan evaluasi personil di sana, dan kita juga menargetkan tahun ini RS Encik Maryam itu sudah berstatus BLUD sama dengan RSUD Dabo," ujarnya.

 

(ruz)


 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews