Restoran dan Hotel di Nagoya Mulai Beralih ke Gas

Restoran dan Hotel di Nagoya Mulai Beralih ke Gas

Ilustrasi pemasangan jaringan pipa gas. (foto: ist/sindo)

BATAMNEWS.CO.ID,Batam - Pelanggan komersil Perusahaan Gas Negara (PGN) di Kota Batam tumbuh 30 persen sepanjang tahun ini. Pertumbuhan itu didorong peningkatan infrastruktur gas yang dilakukan PGN bersama pemerintah terutama di kawasan perdagangan dan bisnis Nagoya.

"Pelanggan komersil bertambah lumayan banyak," ujar Sales Area Head PGN Batam, Amin Hidayat di Batam Centre, Rabu (2/8/2017).

Ia mengatakan, sudah hampir seluruh restoran dan hotel di kawasan Nagoya menjadi pelanggan PGN.

Untuk konsumen komersil itu, ada yang baru berdiri dan ada juga yang baru beralih dari bahan bakar minyak, LPG atau bahan bakar lainnya. Sebelumnya, PGN baru saja menandatangani kontrak dengan tiga pelanggan baru, yaitu Restoran Harbour Bay, KFC Nagoya dan perusahaan roti Top Baker.

"Dan jumlah itu akan bertambah terus, karena kami terus melakukan penyambungan," kata Amin Hidayat.

Ketiga perusahaan itu diperkirakan akan mengonsumsi gas sebesar 20.000 meter kubik per bulan dengan kontrak selama 5 tahun. Sementara itu, untuk jaringan gas rumah tangga (Jargas) di seluruh Batam, PGN masih menunggu penugasan pemerintah pada tahun ini.

Pada tahun 2016, PGN sudah menyalurkan jaringan gas untuk rumah tangga untuk 4.000 rumah tangga di pemukiman di Kecamatan Sagulung.

Jargas ini akan menggunakan pembiayaan APBN, PGN juga menyambung jaringan gas rumah tangga dalam program "Sayang Ibu" menggunakan anggaran perusahaan sendiri.

Sedangkan untuk pengguna keseluruhan dari gas negara, PGN memperkirakan sudah mengalami kenaikan sebesar 5 persen. 
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews