Polisi Amankan 5 Orang di Kapal Pengangkut Sabu 1 Ton

Polisi Amankan 5 Orang di Kapal Pengangkut Sabu 1 Ton

Petugas memeriksa kapal pembawa sabu yang ditangkap di perairan Bintan, Kepri. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Tim gabungan menangkap nakhoda dan 4 anak buah kapal (ABK) Kapal Wanderlust, yang mengangkut 1 ton sabu ke Pantai Anyer, Serang, Banten. Kapal itu ditangkap di perairan Tanjung Berakit, Bintan, Kepri, Sabtu kemarin.

Saat ini kelimanya masih diperiksa di Markas Polda Kepulauan Riau.

"Sudah ada lima orang yang diamankan, satu orang nakhoda dan empat orang anak buah kapalnya. Saat ini mereka masih kita periksa di Mapolda Kepri untuk didalami bagaimana kapal itu bisa masuk ke Anyer," jelas Direktur Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Pol Nico Afinta didampingi Kombes Herry Heryawan di Pelabuhan Sagulung, Tanjunguncang, Batam, Mingggu (16/7/2017).

Tim penyidik dari Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya dan Polresta Depok saat ini masih memeriksa kelimanya untuk mendalami rute pengangkutan kapal. Pemeriksaan tersebut juga dilakukan untuk mengembangkan jaringannya hingga ke bandar besarnya.

Nico menjelaskan, kapal tersebut berhasil ditangkap setelah tim gabungan Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya dan Polresta Depok mendapatkan informasi soal kapal pengangkut dari WN Taiwan yang ditangkap di dermaga bekas Hotel Mandalika, Pantai Anyer, Serang, Banten, pada Kamis (13/7) lalu.

Berdasarkan keterangan 3 WN Taiwan itu, tim akhirnya mengetahui nama kapal yang mengangkut barang tersebut. Selanjutnya, tim melakukan pengejaran terhadap kapal yang diketahui hendak melarikan diri tersebut.

Tim kemudian berkoordinasi dengan Bea Cukai pusat dan Bea Cukai Batam serta Polda Kepri untuk menyergap kapal tersebut. Hingga akhirnya, kapal tersebut disergap oleh tim dari Polda Kepri dan Bea Cukai Batam di Tanjung Berakit, Pulau Bintan, Kepri, pada Sabtu (16/7/2017).

Kapal berbendera Sierra Leone tersebut memiliki dimensi panjang 27,9 meter dan lebar 6,9 meter dengan tonase sebesar 135 MT. Tim saat ini masih berada di Batam untuk menindak lanjuti penangkapan kapal tersebut.

Sebelumnya, tim gabungan Polda Metro Jaya dan Polresta Depok menggagalkan 1 ton sabu yang diselundupkan dari China oleh 4 WN Taiwan. Satu tersangka ditembak mati dalam upaya penyergapan tersebut.

(ind)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews