Inilah Foto Pemenang Photo of The Year APFI 2014

Inilah Foto Pemenang Photo of The Year APFI 2014

Dua orang secara mengejutkan berboncengan membawa seorang korban tewas akibat erupsi gunung Sinabung sambil mengendarai sepeda motor. 1 Februari 2014. (Sutanta Aditya / AFP)

Medan - Sutanta Aditya anggota Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan berhasil memenangkan katagori bergengsi Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) yang diumumkan Sabtu (28/2/2015). Sutanta Aditya menyabet dua katagori sekaligus.

Fotografer asal Medan menyabet juara bergensi Photo of The Year AFPI dua tahun berturut-turut APFI yakni di 2013 dan 2014.

Mereka adalah Irsan Mulyadi dari kantor berita Antara yang juga anggota PFI Medan menyabet Photo of The Year 2013 dan Sutanta Aditya dari AFP memenangkan Photo of The Year 2014. Pengumuman para juara tahun 2013 dan 2014 bersamaan dilakukan pada tahun ini.

Sutanta Aditya berhasil juara dengan memenangkan Photo of The Year AFPI 2014 dari kategori Spot News melalui karyanya yang berjudul The Deadly Pasific Ring Of Fire dimana menggambarkan dua orang berboncengan membawa seorang korban tewas akibat erupsi gunung Sinabung sambil mengendarai sepeda motor. Foto diambil 1 Februari 2014.

Sutanta berhasil mengungguli pewarta foto dari jawara kategori lainnya karena berhasil mengabadikan momen yang cukup krusial dari bencana gunung Sinabung. Pada saat itu awan panas dari erupsi Sinabung masih menyembur dan bisa saja membahayakan keselamatan jiwanya.

Tidak hanya itu, Sutanta Aditya juga menyabet juara AFPI satu kategori essay dengan judul The Pyroclastic Red-Dragon (Sinabung Volcano) juga masih dengan foto tema yang sama, bicara soal bencana Gunung Sinabung.

Anggota PFI Medan lainnya Irsan Mulyadi berhasil menjuarai Photo of The Year AFPI 2013 dari kategori Nature and Environment dengan judul Penyelamatan Orang Utan yang diambil pada 21 Juli 2013.

Karya Irsan menggambarkan tim dari Orangutan Information Centre (OIC) berusaha mengeluarkan peluru yang bersarang di pelipis mata Orangutan Sumatera, ketika melakukan penyelamatan di Desa Air Hitam, Kec. Padang Tualang, Kabupaten Langkat, Sumut.

(ind/bbs/net)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews