Range Rover KW dari China Laris Manis, Jaguar Land Kesal

Range Rover KW dari China Laris Manis, Jaguar Land Kesal

Landwind X7 buatan China. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Beijing – Perusahaan otomotif patungan Jiangling Motor dan Changan Auto tengah tersenyum lebar. Sebabnya, salah satu mobil buatan mereka, Landwind X7, laris manis di pasaran. Mobil berstatus jiplakan atau "KW" dari Range Rover itu dijual dengan banderol sangat murah.

Moncernya penjualan Landwind X7 juga membuat Chief Executive Officer Jaguar Land Rover Ralf Speth, sangat jengkel. Karena di sisi lain, JLR sangat dirugikan dengan aksi kloning Landwind X7. Pada pameran otomotif Shanghai Auto Show, mereka bahkan terang-terangan memajang empat model dari Landwind dan sukses menyita banyak perhatian publik.

"Kami mengakui JLR tidak membuat kemajuan setelah adanya X7 yang dibuat secara ilegal. Sementara mereka, merek China itu memiliki banyak kesuksesan dengan X7," kata Speth seperti dilansir Autonews, Kamis 27 April 2017.

"Mereka melakukannya dengan sangat baik, ini mobil yang bagus, kita tahu, ini mobil kita," tambahnya.

Ini jelas merupakan masalah yang sangat menyebalkan bagi Land Rover, terutama dengan harga X7 yang hanya sepertiga dari banderol asli Evoque.

Sementara Matt Gasnier, pemilik agregator penjualan global Bestsellingcarsblog.com menyatakan, X7 menyumbang sebagian besar penjualan Landwind. Pada 2016 saja, mereka berhasil menjual X7 sebanyak 80.002 unit.

Jalan JLR untuk mematikan X7 belakangan nampak dibuat makin sulit setelah tahun lalu pihak berwenang China tiba-tiba membatalkan hak paten Land Rover terhadap Evoque. Rupanya, paten ini dibatalkan karena desain Evoque dianggap telah dipamerkan di depan umum setahun sebelum paten desain diajukan.

Landwind X7 juga mendapat mesin empat silinder berkapasitas 1.5 liter dan dilengkapi dengan turbocharged. Tenaga yang dihasilkan adalah 160 daya kuda. Mereka juga siap memasarkan X7 dengan mesin lebih besar, 2.000cc. Sementara untuk X7 dengan mesin 1.5 liter, dijual dengan harga 100 ribu yuan atau setara Rp 196 jutaan.

Padahal, harga asli Range Rover Evoque adalah 40 ribu poundsterling atau setara Rp 750 jutaan.

(ind)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews