Sulteng Tiga Kali Diguncang Gempa Kuat, Warga Berhamburan

Sulteng Tiga Kali Diguncang Gempa Kuat, Warga Berhamburan

Ilustrasi gempa bumi. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Palu - Gempa bumi mengguncang wilayah Sulawesi Tengah, Senin (29/5/2017) malam. Bahkan, dalam tempo setengah jam, terjadi tiga kali gempa di atas 5,0 Skala Richter (SR).

Berdasarkan data di situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa pertama terjadi pada pukul 21.35 WIB, dengan kekuatan 6,6 SR. Gempa dengan kedalaman 10 km itu terjadi di 38 km Barat Laut Poso.

Gempa kedua terjadi pada pukul 21.52 WIB. Kali ini, kekuatannya 5,0 SR. Gempa dengan kedalaman 10 km itu berlokasi di 51 km Timur Laut Sigi.

Sedangkan gempa ketiga terjadi pada pukul 22.03 WIB. Gempa dengan kekuatan 5,0 SR itu terjadi di 50 km Barat Laut Poso. Gempa dengan kedalaman 10 km itu tidak berpotensi tsunami.

Posko Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mengonfirmasi kepada BPBD terkait gempa yang mengguncang wilayah Sulawesi Tengah, Senin (29/5/2017) malam.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, gempa tidak berpotensi tsunami.

"Posko BNPB telah mengkonfirmasi BPBD. Berdasarkan laporan sementara gempa dirasakan kuat selama 20 detik. Warga panik dan berhamburan keluar rumah di Kabupaten Poso. Sementara itu masyarakat di Sigi, Palu, dan Morowali Utara merasakan gempa sedang selama 5 detik. Sebagian masyarakat keluar rumah," kata Sutopo dalam rilisnya.

Menurut Sutopo, masyarakat masih berada di luar rumah karena terjadi gempa susulan dengan kekuatan 5,0 SR berpusat di 51 kilometer Timur Laut Sigi Provinsi Sulawesi Tengah pada kedalaman 10 kilometer pada Senin (29/5/2017) pukul 21.53 WIB.

Sutopo menambahkan, BPBD masih melakukan pemantauan di lapangan. Belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa. Daerah yang memiliki intensitas gempa VI MMI umumnya mengalami kerusakan bangunan yang konstruksinya sederhana. "Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tidak terpancing isu tsunami. Tidak ada potensi tsunami terkait gempa 6,6 SR dan susulannya."

(ind)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews