Kalahkan Ajax, MU Catat Sejarah Juara Liga Europa 2016-2017

Kalahkan Ajax, MU Catat Sejarah Juara Liga Europa 2016-2017

Manchester United menang 2-0 atas Ajax Amsterdam pada final Liga Europa yang berlangsung di Friends Arena, Stockholm, Rabu (24/5/2017). (AP Photo/Martin Meissner)

BATAMNEWS.CO.ID - Manchester United (MU) mencatat sejarah dengan meraih gelar perdana Liga Europa 2016/2017 setelah mengalahkan Ajax Amsterdam 2-0 pada final yang berlangsung di Friends Arena, Stockholm, Rabu (24/5/2017).

Dalam pertandingan yang berjalan dalam tempo agak lambat ini, United muncul sebagai pemenang. Kedua tim nampak mencoba mengukur kekuatan lawan pada awal pertandingan. Tak ada serangan frontal karena semua pemain baru mencoba 'merasakan' pertandingan.

Manchester United akhirnya mengambil inisiatif menyerang lebih dulu. United membuat Ajax tertekan dengan pressing di tengah. Saat memiliki kesempatan, United pun melakukan serangan dengan cepat langsung ke area berbahaya Ajax

Serangan-serangan direct itu membuat Ajax kedodoran. Meski demikian, Ajax juga sempat melontarkan ancaman lewat Bertrand Traore. Namun tembakan Traore masih bisa dengan mudah ditangkap oleh Sergio Romero.

United malah mampu mencetak gol lewat Paul Pogba pada menit ke-18. Pogba melepas tembakan dari luar kotak penalti yang berbelok arah setelah menyentuh kaki Sanchez dan membuat Onana mati langkah. United pun unggul 1-0.

United menjadi semakin nyaman setelah keunggulan satu gol mereka. Ajax tak mampu menembus pertahanan berlapis United yang digalang dari lini tengah. Sebaliknya, serangan-serangan kilat United mampu mengancam pertahanan Ajax beberapa kali. namun sampai babak pertama usai, skor 1-0 untuk keunggulan United tetap bertahan.

United mengawali babak kedua dengan agresif. Serangan cepat United mampu diselesaikan dengan gol kedua lewat Henrikh Mkhitaryan pada menit ke-48. Lewat tendangan sudut, Chris Smalling mengarahkan bola ke arah Mkhitaryan. Pemain asal Armenia itu lalu mengarahkan bola dengan akrobatik melewati penjagaan lawan. United pun unggul 2-0.

Ajax seperti kehilangan ide untuk bisa membongkar pertahanan United. Mereka bisa dengan bebas menguasai bola, tapi hanya sampai ke lini tengah. Saat memasuki area pertahanan United, penjagaan amat ketat, baik man to man marking maupun zonal marking.

Keberhasilan meraih gelar juara Liga Europa tersebut juga memuluskan jalan bagi Setan Merah untuk berlaga pada fase grup Liga Champions musim depan. Dengan demikian, Premier League akan memiliki empat wakil di turnamen elite antarklub Eropa tersebut, yakni Chelsea, Tottenham Hotspur, Manchester City, dan Manchester United.

Susunan pemain

Ajax Amsterdam: Onana, Veltman, Sanchez, De Ligt, Riedewald (De Jong, 82'), Klaassen, Schone (Van de Beek, 70'), Ziyech, Traore, Dolberg (Nerez, 62'), Younes.

Manchester United: Romero, Valencia, Smalling, Blind, Darmian, Fellaini, Herrera, Pogba, Mata (Rooney, 90'), Rashford (Martial, 84'), Mkhitaryan (Lingard, 74').


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews