https://www.batamnews.co.id

Berkunjung ke Batam, Investor Singapura Masih Ragu

Investor Singapura saat berkunjung ke BP Batam di Batam Centre (Foto: Yogi ES/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam – Iklim investasi di Batam memburuk. Dua perusahaan besar McDermott Batu Ampar dan Siemens Batu Ampar, sepi orderan. PHK pun tak terhindarkan. Siemens bahkan sudah menutup operasionalnya.

Kendati demikian, sejumlah investor dari Singapura masih menjajaki berinvestasi di Batam. Hal itu terlihat dari kunjungan beberapa delegasi investor Singgapura yang tergabung dalam Singapore Business Centre di Marketing Centre BP Batam, Jumat (19/05/2017).
 
Sekjen Asia Tenggara, Kelvin Tan, yang menjadi salah seorang delegasi, mengatakan, pihaknya mencari daerah yang kompetitif serta dekat dengan Singapura. Namun belum dapat memastikan apakah akan berinvestasi atau tidak.

“Hanya satu jam mengunakan boat kapal untuk ke Batam, itu salah satu tempat yang menarik,” ujarnya kepada wartawan batamnews.co.id.
 
Tan juga mengatakan, selain di Kota Batam kunjungan juga sudah dilakukan di beberapa negara seperti Iskandar Muda Johor. 

“Kedekatakan antar negara, baik bahasa maupun juga menjadi pertimbangan untuk investasi,” ungkapnya setelah foto bersama dengan pihak BP Batam.
 
Tan juga mengungkapkan kenapa pihaknya menjadikan Kota Batam sebagai salah satu tempat pilihan investasi selain Vietnam dan Thailand. “Karena di Indonesia ada beberapa kesamaan dengan kita,” ungkapnya.
 
Kunjungan delegasi Singapore Business Centre masih dalam tahap penjajakan, mereka belum memberi tahu bentuk serta jumlah investasinya. 

Pertemuan mereka disambut oleh Deputi V BP Batam bidang Pelayanan Umum Gusmardi Bustami. Pertemuan berlangsung selama dua jam itu pihak BP Batam terus mengedepankan keuntungan jika perusahaan asing berinvestasi di kota industri itu.***