Umat Budha di Vihara Budi Bhakti Bakar 100 Hio Raksasa saat Imlek

Umat Budha di Vihara Budi Bhakti Bakar 100 Hio Raksasa saat Imlek

Hio raksasa yang berjumlah sekitar 100 buah berdiri di sekitar Vihara Budi Bhakti Windsor, Lubuk Baja, Batam. (Foto: Fherry Fadil)

Batam - Vihara Budi Bhakti yang berada di Winsor, Batam, Kepulauan Riau, tampak mulai ramai dari malam pergantian tahun hingga ke esokan hari. Hio raksasa terlihat terpasang di lingkungan vihara. Hio raksasa itu dibakar sejak 11 Februari hingga Imlek tiba, 19 Februari.

Jumlah hio yang dibakar mencapai 100 buah. Asap pembakaran dupa itu terlihat terbawa hembusan angin mengelilingi di sekitar vihara.

Puluhan umat Budha mengunjungi vihara ini melakukan sembahyang dan berdoa dengan khusuk berharap agar tahun kambing kayu ini menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya.

hio 

Puluhan orang terlihat berkunjung dan memanjatkan doa. Diantara mereka mengajak keluarga. Anak-anak diajari cara sembahyang dengan cara Budha. 

“Saya mengajarkan anak saya berdoa sejak kecil, agar dia mengerti setelah dewasa,” ucap salah satu pengunjung vihara yang ditemui batamnews.com (19/2/2015)

imlek 

Selain itu tampak juga jajanan khas etnis Tionghoa yang di perjualbelikan di sekitar vihara antara lain, kue keranjang atau Nian Gao kue ini sendiri dimaknakan sebagai peningkatan rizki serta kue fa gao yang bermakna kemakmuran.

Selain itu ada juga jajanan yang wajib ada dalam setiap perayaan imlek yaitu Permen dan Coklat yang melambangkan manisnya kehidupan.

 

[fer]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews