Jelang Ramadhan 1438 H, Harga Cabai Merah di Karimun Mulai Pedas

Jelang Ramadhan 1438 H, Harga Cabai Merah di Karimun Mulai Pedas

Ilustrasi (foto : istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID, Karimun - Jelang Ramadhan 1438 Hijriah, harga sejumlah bahan pokok di pasar Puan Maimun, Kabupaten Karimun mulai merangkak naik, terutama bawang putih dan cabai merah.

Menurut Nanang, seorang pedagang mengatakan bahwa kondisi ini disebabkan kurangnya pasokan dari pulau Jawa dan Sumatera.

Pantauan di pasar Puan Maimun, Jumat (5/5/2017) beberapa kebutuhan pokok seperti, bawang putih yang sebelumnya Rp 40 ribu menjadi Rp 50 ribu per kilogram. Kemudian Cabai Merah sebelumnya Rp 37 ribu saat ini Rp 43 ribu per kilogram.

Tomat yang sebelumnya Rp 10 ribu saat ini Rp 12 ribu per kilogram dan Cabai Rawit juga mulai merangkak naik menjadi Rp 38 ribu per kilogram.

Nanang mengatakan, untuk harga bawang putih sejak satu bulan terakhir telah mengalami tiga kali kenaikan. Kata dia, diperkirakan harga tersebut hingga menjelang lebaran masih akan mengalami kenaikan.

“Dalam sebulan ini untuk bawang merah saja sudah tiga kali naik, sebelumnya Rp 40 ribu sekarang perkilogram Rp 50 ribu per Kg,” kata Nanang saat ditemui Lendoot.com, Jumat (7/5/2017).

Menurut Nanang, kenaikan harga menjelang ramadhan sudah seperti tradisi tahunan. Karena bisa dipastikan harga sembako pasti naik dan ini sudah terjadi setiap tahun.

Hal serupa juga dikatakan oleh pegadang lain bernama, Upik pedagang yang berjualan di lantai dua pasar Puan Maimun ini menyebut, selain disebabkan masuknya bulan Suci Ramadhan, kenaikan harga sebagian bahan pokok dipasar juga di pengaruhi oleh kurangnya pasokan dari pulau Jawa dan Sumatera sehingga mempengaruhi harga jual.

“Naiknya harga ini dipicu karena sebagian wilayah ada yang musim hujan dan cuaca yang kurang bagus. Karena rata-rata pasokan dari pulau Jawa dan Sumatera,” kata Upik.***


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews