Menyembuhkan Selulit dengan Ramuan Kuno dari India

Menyembuhkan Selulit dengan Ramuan Kuno dari India

Selulit sering terlihat seperti kulit keriput,  pemandangan lembah dan bukit di kulit karena lemak dan endapan cairan menonjol dari jaringan ikat yang mendasari kulit.

Lebih jelasnya, selulit merupakan gumpalan – gumpalan kulit kecil akibat dari terhambatnya lemak mengalir melalui darah dalam tubuh, selulit biasanya ditemui berbentuk seperti kulit jeruk sunkist dan pada wanita yang sudah tua selulit keluar seperti urat halus berwarna kehijauan atau kemerahan.

Penyebabnya tak lain lantaran kurangnya aktivitas fisik, merokok, stres, obesitas, perubahan hormon, dll. Selulit lebih menonjol pada area seperti paha, perut, lengan, pinggang dan pinggul. Wanita lebih rentan dengan soal selulit ini sebab tubuh mereka cenderung menumpuk lemak.

Nah, bagaimana caranya menyingkirkan selulit ini?  Jawabannya ada dalam sistem penyembuhan kuno Ayurveda. Ayurveda adalah tradisi perawatan kesehatan kuno, yang telah dipraktikkan di India selama 5.000 tahun. Kata Ayurveda berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu Ayur (hidup) dan veda (pengetahuan).

Ramuan ini memiliki unsur panas yang dianggap sangat membantu dalam mengurangi selulit, karena meningkatkan metabolisme individu.
Berikut ini adalah daftar ramuan untuk menyembuhkan selulit:

1. Jahe: Dikenal sebagai "Nagar" di Ayurveda, rempah ini memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-selulit. Ini juga meningkatkan sirkulasi darah, sehingga meningkatkan kadar oksigen yang sangat penting dalam melawan selulit. Ini juga meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak berlebih dan racun yang tidak diinginkan yang dapat menyebabkan masalah. Seduhlah teh dengan ramuan 1/4 sendok teh bubuk jahe kering, biji fenugreek dan biji dill, rendam selama 5 menit dalam secangkir air. Saring saja dan kemudian minum.

Fenugreek adalah tumbuhan dari keluarga Fabaceae yang daunnya dan bijinya biasa dimanfaatkan sebagai obat herbal dan rempah. Fenugreek juga biasa disebut dengan kelabat, klabet dan juga methi. Sedangkan Biji dill adalah Dill adalah jenis tumbuhan berbunga dan tumbuhan semusim dari famili Apiaceae. Kalau di Indonesia dikenal dengan adas sowa atau adas manis

2. Holy Basil: Holy Basil atau Tulsi dipuja sebagai tanaman suci bagi umat Hindu. Ini memiliki nilai obat yang bagus dan dikatakan sebagai 'Ratu Herbal' dan itu membantu kesehatan tubuh secara keseluruhan. Ayurveda menyatakan memiliki khasiat antiinflamasi dan merupakan sumber antioksidan yang kaya. Satu sendok teh ramuan ini direbus dalam satu gelas air dan harus dikonsumsi minimal 3 kali dalam sehari untuk melawan selulit.

3. Milk Thistle: Ramuan berbunga ini sangat populer untuk mengobati masalah terkait hati dan telah digunakan selama ribuan tahun. Kaya akan antioksidan Silymarin, Milk Thistle adalah pelindung hati sekaligus detoksifikasi. Ini meningkatkan metabolisme dan memperkuat sistem peredaran darah tubuh dengan meningkatkan fungsi hati. Rendam 5 biji milk thistle dalam secangkir air mendidih selama sekitar 5 menit dan minumlah 3 kali dalam sehari, setidaknya selama sebulan.

4. Gotu Kola: Salah satu obat selulit terbaik di Ayurveda adalah ramuan Gotu Kola. Ini memperkuat dan memperbaiki jaringan ikat, meningkatkan sistem peredaran darah, menguatkan kulit, sehingga mengurangi selulit. Ini juga membantu penurunan berat badan. Gotu Kola di Ayurveda diaplikasikan sebagai pasta pada kulit untuk memperbaiki penampilan dan melawan benjolan lemak yang tampak jelek itu.

Gotu Kola atau sering disebut dengan Pegagan ini memiliki nama unik di setiap daerah di Indonesia misalnya Daun Kaki Kuda (Melayu), Antanan (Sunda/Jawa Barat), Pegaga (Aceh), Ampagaga (Batak), Gagan-Gagan/Rendeng (Jawa), Taidah (Bali), Paiduh (Nusa Tenggara), Wisu-Wisu, Kisu-Kisu (Sulawesi), dan Sandanan (Irian).

5. Dandelion: Ramuan ini bisa dikonsumsi dalam bentuk teh atau hanya dalam salad. Ramuan ini membantu kemampuan tubuh untuk menghancurkan produk limbah dan membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh. Ini juga meningkatkan metabolisme dan membantu dalam membakar timbunan lemak berlebih yang menyebabkan selulit.

Dandelion dikenal dengan sebutan Randa Tapak adalah bagian dari Taraxacum, sebuah genus besar dalam keluarga Asteraceae. Nama Randa Tapak sendiri biasa digunakan untuk merujuk kepada sebuah tumbuhan yang memiliki "bunga" yang memiliki "bunga-bunga" kecil yang terbang ditiup angin. Asal asli dari tumbuhan ini adalah Eropa dan Asia, namun sudah menyebar ke segala tempat. Yang disebut sebagai bunga dari tumbuhan ini menjadi semacam jam hayati yang secara teratur melepaskan banyak bijinya. Biji-biji ini sesungguhnya adalah buahnya.

6. Horse Chestnut: Kuda-kuda India yang di Indonesia disebut Berangan Kuda ini juga merupakan salah satu solusi terbaik untuk mengobati selulit. Menjadi anti-inflamasi di alam, ini mengurangi ukuran pori-pori dinding pembuluh darah. Aescin hadir dalam kastanye kuda membantu dalam meningkatkan sirkulasi dan dengan demikian pada gilirannya memberi Anda kulit yang lebih halus tanpa tonjolan yang tidak menarik. ***

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews