Gubernur Sani Gesa Tol Laut di Kepulauan Riau

Gubernur Sani Gesa Tol Laut di Kepulauan Riau

Pelabuhan di Kecamatan Moro, Kabupaten Karimun.

Karimun - Gubernur Kepulauan Riau HM Sani menggagas tol laut terlaksana di Kepri. Apalagi Kepri adalah provinsi kepulauan yang belum terangkai dengan transportasi laut yang memadai. Lagi pula sejalan dengan program utama Presiden RI Joko Widodo.

'Kita mulai dengan sarana dan prasarana transportasi laut. Seperti pembangunan pelabuhan-pelabuhan di Kabupaten/Kota, maupun pulau-pulau terdepan yang ada di Kepri ini,' jelas HM Sani ketika melakukan kunjungan kerja ke Karimun baru-baru ini.

Menurut Sani, pada saat ini sudah terkoneksi antara Karimun, Kundur, Batam, Tanjungpinang menggunakan kapal (roll on roll off) Roro. Kapal roro juga melalui rute hingga ke Riau daratan.

Bahkan, hingga ke pulau Riau daratan, sedangkan konektivitas menggunakan kapal sekarang sudah bisa terhubung dari Tanjungpinang menuju kabupaten Anambas dan Natuna. “Kemudian bagaimana pelabuhan yang berada dipulau-pulau terdepan, seperti pulau Laut, Sugi, Bidai yang belum ada,” ujar Sani. 

Selanjutnya, kata Sani, bagaimana, Roro tersebut sampai ke Kalimantan, Jambi yang saat ini sudah sampai ke Sumatera. Saat ini Kepri mendapat bantuan dua kapal dari pemerintah pusat.

Menurut Sani, pemerintah sudah membangun pelabuhan-pelabuhan di sejumlah pulau terdepan seperti pulau Laut, Sugi, Bidai, Selatan, Letup sebagai sarana pendukung kemaritiman di Kepri ini. 

 

[yon]


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews