Kundur Diusulkan Jadi Kabupaten, Gubernur: Tahun 2015 Realisasinya

Kundur Diusulkan Jadi Kabupaten, Gubernur: Tahun 2015 Realisasinya

Salah satu sudut Pulau Kundur

Karimun - Pulau Kundur, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, sepertinya tak lama lagi bakal menjadi kabupaten tersendiri, terpisah dari Kabupaten Karimun. Diperkirakan baru akan terealisasi pada 2015. Gubernur Kepri HM Sani menyampaikan kabar gembira itu pada saat berkunjung ke Karimun, Sabtu lalu.

'Kabupaten Kepulauan Kundur segera terbentuk, insy Allah tahun ini sudah disahkan. Kundur sendiri sudah termasuk 19 daerah yang memenuhi persyaratan pemekaran baru. Dan telah menjadi prolegnas dari DPR RI,' kata HM Sani.  

Lanjutnya, kalau dilihat dari agenda DPR RI waktu yang dibutuhkan dalam pembahasan pemekaran wilayah masih cukup. Karena, masih ada 10 bulan lagi, itu berarti proses pengesahannya bisa dilakukan. 

Sebab, dari Komisi II DPR RI saat ini masuk dalam konsultasi tentang undang-undang Pilkada dan belum kepada pembicaraan mengenai daerah otonomi baru (DOB).

Pria kelahiran Kundur ini menjelaskan, apabilah sudah disahkan menjadi Kabupaten. Tidak serta merta Kundur akan menjadi DOB, melainkan masih sebagai Kabupaten Administratif yang sudah tentu belum ada DPRD-nya dan yang bertanggungjawab kepada Kabupaten Kepulauan Kundur nanti adalah Pemprov Kepri.

Sani juga belum menejelaskan secara rinci siapa yang akan menjadi penjabat pelaksanana tugas (Plt). Ia meminta masyarakat tetap bersabar.

 

[yon]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews