Cantiknya Tugu Pensil, Alternatif Objek Wisata di Akhir Pekan

Cantiknya Tugu Pensil, Alternatif Objek Wisata di Akhir Pekan

Seorang pekerja tengah membersihkan area Tugu Pensil Tanjungpinang (Foto: Rasip/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Tanjungpinang - Tugu Pensil, Tepi Laut, Tanjungpinang, Provinsi Kepri, kerap menjadi lokasi alternatif warga melepas lelah serta bertamasya bersama keluarga.

Hampir setiap hari, terutama akhir pekan, lokasi ini kerap dipadati pengunjung. Lokasi tugu memang cocok menjadi tempat beristirahat, berkumpul bersama keluarga, sembari menikmati hamparan laut serta angin sepoi-sepoi.

Di Tugu Pensil dapat ditemui taman-taman yang masih hijau. Ada juga cafe-cafe yang menjajakan makanan khas. Selain itu tersedia tempat berolahraga seperti lapangan volley.

Bila Anda ingin berkunjung sebaiknya datanglah pada sore hari. Nikmati sunset yang hendak terbenam dan temaran cahayanya. 

Lokasi tugu terletak di Jalan H. Agus Salim, persis di tepi laut Kota Tanjungpinang. Setiap hari tepian tugu ramai dikunjungi.

Bangunan Tugu Pensil tergolong unik. Di tengah-tengah taman Anda bisa melihat sebuah ornamen berbentuk pensil yang tingginya belasan meter. Bangunan tersebut di bangun kira-kira pada tahun 1962 oleh pemerintah setempat. 

Tugu Pensil tersebut juga mempunyai sejarah yang penting bagi Kota Tanjungpinang. Di bawah tugu yang berbentuk seperti lingkaran payung terdapat teks-teks tulisan seperti Proklamasi, Bebas Dari Buta Huruf Latin, Kewedanaan Tanjungpinang. 

Djaffar Uda, seorang perintis pembangunan Tugu Pensil menceritakan bahwa kehadiran Tugu Pensil itu selain simbol pemberantasan buta huruf di Kepulauan Riau, selain itu nilai tambahnya juga bisa mempercantik pemandangan di kawasan tepi laut.

“Selain sebagai pembebasan Kepulauan Riau dari buta huruf juga sebagai sarana mempercantik pemandangan,” ujar Djaffar beberapa waktu lalu.

Kebersihan Tugu Pensil ditangani Dinas Tata Kota Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DTKPP) Pemko Tanjungpinang. Para petugas kebersihan dengan rutin membersihkan lokasi tersebut dari sampah.

Pengawas Taman yang warga setempat yang bermukim di sekitar lokasi sekaligus juga sebagai Pelatih Volley Ball Club Surya Taman Tugu Pensil,  Ibrahim mengatakan, agar pengunjung tetap menjaga kebersihan taman tersebut.(sip)

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews