Anda Senang Mainkan Ponsel Menjelang Tidur? Ini Masalahnya.....

Anda Senang Mainkan Ponsel Menjelang Tidur? Ini Masalahnya.....

Apakah Anda memiliki kebiasaan sibuk membuka-buka ponsel Anda sebelum tidur? Saya yakin sebagian besar dari kita melakukan hal ini. Dan kemudian jika ada sesuatu yang menarik di Facebook, Instagram atau bahkan mail Anda, maka Anda cenderung kecanduan memainkan smartphone sampai larut malam. Sebetulnya, itu adalah kebiasaan yang berbahaya.

Saat Anda mematikan lampu dan tidur di malam hari, Anda cenderung membuka ponsel. Cahaya biru dari ponsel memancar tajam pada malam hari. Ini mempengaruhi produksi hormon melatonin,  yaitu hormon yang membantu seseorang untuk tidur.

Berikut adalah alasan mengapa kita perlu berhenti menggunakan ponsel di malam hari.

# Kerusakan Retina Mata: Cahaya biru yang dipancarkan oleh ponsel, lebih khusus smartphone memiliki panjang gelombang terpendek yang berkedip. Selama periode waktu yang panjang dapat merusak retina.

# Kurang Tidur: Cahaya biru yang dipancarkan oleh ponsel mempengaruhi produksi melatonin. Melatonin adalah salah satu hormon yang membantu seseorang untuk tidur dan mengatur siklus tidur. Biasa menggunakan ponsel di malam hari sebelum tidur dapat menyebabkan kurang tidur dan masalah kesehatan lain seperti depresi.

# Risiko Kanker: Cahaya biru yang dipancarkan dari ponsel mempengaruhi produksi melatonin dan dengan demikian menggangu tidur. Melatonin adalah hormon penting juga dikenal karena sifat antioksidan dan membantu tubuh untuk melawan kanker terutama yang berhubungan dengan payudara dan kanker prostat.

# Mempengaruhi Otak: Ketika tidur Anda terganggu, ketika Anda terkena terlalu banyak cahaya yang terpancar dari ponsel, maka otak pun terganggu seperti daya memori yang berkurang. Ketika seseorang kekurangan tidur itu mempengaruhi metabolisme tubuh dan mempengaruhi aliran darah ke otak.

# Regangan Mata: Ketika berada dalam gelap, maka cahaya biru di ponsel akan langsung menghujam mata Anda, menyebabkan ketegangan mata dan sakit. Bila terus begitu, maka secara permanen dapat merusak penglihatan juga.***

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews