Yusril Koto Beberkan Bukti Uji Lab Sanford Bukan Air Mineral

Yusril Koto Beberkan Bukti Uji Lab Sanford Bukan Air Mineral

Ketua LSM Barisan Reformasi Gemilang (Barelang), Yusril Koto (Foto: Edo/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Ketua LSM Barisan Reformasi Gemilang (Barelang), Yusril Koto, tak mau asal bicara soal tudingan terhadap Sanford. Yusril mengaku telah mengantongi hasil uji laboratorium sampel air kemasan itu.

Hasil uji laboratorium air itu dilakukan di Rektoral Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL PP) Kelas I Batam. 

Menurut dia, Sanford tidak memenuhi persyaratan disebut sebagai air mineral kemasan yang sesuai dengan SNI 01-3553-2006. Kata dia, mineral Sanford berada di bawah persyaratan sebagai air mineral.

Hasil uji lab air kemasan Sanford yang diperlihatkan Yusril (Foto: Batamnews)

 

Dari sertifikat hasil uji yang dilakukan, zat yang terlalu larut serta PH air minum Sanford, juga tidak memenuhi persyaratan air mineral.

"Untuk air mineral maksimal zat yang terlarut 500, dan air demineral maksimal 10. Dan hasil ujinya tercantum 5.9," ucap Yusril.

Sementara, hasil uji untuk PH, air mineral seharusnya 6.0-8.5 dan air demineral 5.0-7.5, dan hasil uji menyatakan kandungan PH 5.99.

"Jadi, Sanford tidak bisa mengatakan kalau itu air mineral," ujarnya.

Kemudian, air yang dijadikan untuk air dalam kemasan tersebut, diambil dari waduk yang dikelola oleh ATB, kemudian disedot menggunakan mesin, melalui beberapa proses.

"Kalau mineral itu, asli air dari pegunungan atau bawah tanah atau mata air, tidak diolah lagi," kata Yusril.

 

[edo]


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews