Nurdin Usulkan 9 Pulau di Kepri untuk Menjadi KEK

Nurdin Usulkan 9 Pulau di Kepri untuk Menjadi KEK

Gubernur Kepri Nurdin Basirun. (foto: aji/batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun mengajukan sembilan pulau di Kepulauan Riau untuk ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) sebagai daya tarik bagi investor.

"Semua (sembilan) diajukan, tapi yang diprioritaskan dua, di Kabupaten Karimun dan Kabupaten Bintan," kata Gubernur Kepri, Nurdin Basirun saat membuka Proliga di Sport hall Tumenggung Abdul Jamal, Jumat (10/2/2017).

Dua diantara pulau yang diajukan untuk menjadi KEK yaitu Pulau Asam di Kabupaten Karimun dan Pulau Bintan di Kabupaten Bintan.
 
Nurdin mengatakan bahwa pulau-pulau lainnya tersebar di Kabupaten Karimun, untuk detail namanya Nurdin tidak dapat menyebutkan satu persatu. Namun, ia sudah mengirimkan pengajuan tersebut ke Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.    

Tujuh pulau tersebut belum mendapat respon positif dari pemerintah pusat namun untuk dua pulau lainnya sudah diberikan dukungan, sebagai bentuk keseriusan pemerintah pusat. Kementerian Perhubungan sudah meninjau ke lapangan.

Sebelumnya, Gubernur meminta Kemenko Bidang Perekonomian untuk mengubah status Kabupaten Karimun dan Kabupaten Bintan dari Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) menjadi Kawasan Ekonomi Khusus.

Permintaan itu, diajukan setelah Pemerintah Pusat mencanangkan rencana perubahan status Batam dari KPBPB menjadi KEK.

KEK memberikan insentif lebih banyak untuk investor dan menjadi daya tarik bagi penanam modal untuk menanamkan modalnya. "Kami ajukan, karena KEK lebih bagus," kata Nurdin.

(ret)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews