Tips Charge Baterai Smartphone yang Benar dan Aman

Tips Charge Baterai Smartphone yang Benar dan Aman

Ilustrasi. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID - Melakukan pengisian daya untuk baterai ponsel sering dilakukan tanpa mengetahui cara yang benar dan aman. Terkadang, kesalahan pada saat mengisi daya bisa mengakibatkan dampak buruk bagi ponsel.

Diambil dari berbagai sumber, berikut cara melakukan pengisian daya baterai ponsel secara benar dan aman.

Modus Airplane

Baterai bisa terkuras bila pengguna mengaktifkan Wifi dan mobile data. Di samping itu, melakukan streaming video atau menjalankan aplikasi secara online bisa membuat baterai cepat habis. Maka, pastikan konektivitas terhenti total dengan mengaktifkan modus Airplane.

Matikan Fitur atau Aplikasi

Pada saat melakukan pengisian daya, perlu diperhatikan beberapa fitur atau aplikasi yang sedang berjalan. Matikan fitur atau aplikasi yang tidak terpakai, misalnya bluetooth, Wifi, paket data, GPS dan sebagainya.

Hindari Penggunaan Ponsel

Apabila pengguna tidak memiliki urusan yang benar-benar penting, sebaiknya hindari menyentuh ponsel, yang menyebabkan layar ponsel menyala. Seperti diketahui, layar ponsel menjadi komponen utama mengapa baterai ponsel cepat habis. Untuk itu, hindari penggunaan ponsel selama proses pengisian sedang berlangsung.

Kamu pasti sering mendengar kejadian HP meledak akhir-akhir ini? Usut punya usut HP yang meledak kebanyakan digunakan saat masih di-charge atau diisi ulang baterainya. Nah mengapa bisa begitu? Berikut penjelasannya.

Saat HP dicharge tentunya baterai tersambung dengan arus listrik. Arus yang masuk dan keluar saat menerima telepon kadang menjadi tidak seimbang. Hal tersebut bisa berakibat fatal, salah satunya meledak dan dapat membahayakan dirimu sendiri tentunya.

Selain itu menggunakan HP saat di-charge seperti bermain game atau online juga dapat memperpendek umur baterai dan komponennya.

Matikan Smartphone

Bila baterai ponsel perlu di-charge dan pengguna tidak benar-benar memiliki kebutuhan mendesak untuk memakai ponsel tersebut, sebaiknya mematikan ponsel adalah pilihan yang tepat. Dengan mematikan ponsel, proses pengisian lebih optimal dan pengguna tidak tergoda untuk memainkan perangkat mobile tersebut.

(ind/bbs)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews