Resmi Menjabat Presiden AS ke-45, Trump Ucapkan "Terima Kasih" Berulang Kali

Resmi Menjabat Presiden AS ke-45, Trump Ucapkan "Terima Kasih" Berulang Kali

Presiden AS Donald Trump (foto : ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Washington DC - Donald Trump, Pengusaha real estate ternama resmi dilantik menjadi Presiden Amerika Serikat (AS) ke-45. 

Trump mengucapkan sumpah jabatannya di depan ratusan ribu warga AS yang hadir langsung di Washington DC.

Trump dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung AS John Roberts. Hakim Roberts mengucapkan kata-kata sumpah jabatan Presiden AS terlebih dahulu, dan Trump mengulanginya.

"Saya, Donald John Trump, bersumpah dengan sungguh-sungguh bahwa saya akan dengan teguh menjalankan tugas sebagai Presiden Amerika Serikat, dan akan dengan kemampuan terbaik saya, menjaga, melindungi dan mempertahankan Konstitusi Amerika Serikat. Tuhan, tolong saya," demikian bunyi sumpah yang diucapkan Trump. 

Dengan demikian, Trump resmi menjabat Presiden AS. Trump melambaikan tangan ke arah warga AS yang hadir dan mengucapkan 'Terima kasih' berulang kali. Teriakan 'Trump' membahana dari warga AS yang hadir. 

Sebelum Trump, Mike Pence mendapat giliran pertama dilantik menjadi Wakil Presiden AS. Hakim Mahkamah Agung Clarence Thomas memimpin pembacaan sumpah jabatannya.

"Saya, Michael Richard Pence, bersumpah dengan sungguh-sungguh, bahwa saya akan mendukung dan mempertahankan konstitusi AS terhadap seluruh musuh, baik asing maupun domestik," demikian bunyi sumpah yang dibacakan Hakim Thomas kemudian diulangi oleh Pence. 

"Bahwa saya akan menanggung keyakinan dan kesetiaan sejati, bahwa saya akan menjalankan kewajiban ini dengan bebas, tanpa ada keraguan maupun niat untuk menghindar, dan saya akan dengan baik dan teguh menjalankan tugas jabatan yang akan saya emban. Tuhan, tolong saya," imbuhnya. 

Setelah membaca sumpah jabatan, Pence resmi menjadi Wapres AS. Pence kemudian memeluk istrinya, Karen. 

 

Sumber : Detik.com 

(isk)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews