Dari India, Presiden Joko Widodo Ucapkan Selamat ke Timnas 3 Kali

Dari India, Presiden Joko Widodo Ucapkan Selamat ke Timnas 3 Kali

Presiden RI Joko Widodo menyaksikan laga Indonesia vs Thailand di India. (foto: ist//okezone/twitter)

BATAMNEWS.CO.ID, Bogor - Timnas Indonesia mengalahkan Thailand dengan skor 2-1 dalam leg pertama Final Piala AFF 2016. Presiden, Joko Widodo yang tengah berada di India pun menyempatkan diri menyaksikan laga sengit tersebut via sambungan internet.

Seperti diketahui, Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri India Narendra Modi dan Presiden India Pranab Mukherjee. Selain itu, Jokowi juga dijadwalkan akan melakukan pertemuan dengan sejumlah CEO perusahaan India.

Meski tak berada di tanah air orang ketujuh yang menjadi Presiden RI tersebut tetap melihat perjuangan Boaz Salossa dan kawan-kawan. Bahkan Jokowi terlihat tersenyum dalam foto yang diunggah lewat akun media sosial Twitter miliknya @Jokowi. Ia juga mengucapkan selamat atas perjuangan skuad Garuda. Bahkan, Jokowi mengucapkan selamat sebanyak tiga kali.
 
Kemenangan Boaz Solossa cs juga menuai banyak pujian dari berbagai pihak. Salah satunya dari Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Imam Nahrawi. Imam yang ikut menyaksikan pertandingan langsung di Stadion Pakansari, mengungkap kegembiraan dan pujiannya bagi Timnas Indonesia dan sang pelatih, Alfred Riedl.

Menurut Imam, mental bermain yang ditampilkan pasukan Merah Putih dalam laga ini adalah bukti kekuatan hati dari seluruh elemen tim. Tak hanya itu, kemenangan ini juga disebut Imam adalah buah dari tangan dingin Riedl dalam meracik strategi tim.

"Saya kira semua pemain tampil begitu luar biasa hari ini, saat bermain di rumah kita sendiri. Ini adalah bukti kekuatan hati para pemain buat Indonesia. Saya lihat para pemain tidak grogi dalam pertandingan ini. Sebaliknya, saya lihat para pemain Thailand justru grogi," ujar Imam kepada tvOne.

"Saya kira (kemenangan) ini adalah kekuatan hati dan bukti tangan dingin (Alfred) Riedl yang luar biasa. Dia tahu jika Thailand dibiarkan bermain menekan, maka kita akan kesulitan. Tapi, jika Thailand diberikan tekanan dan bisa mencuri bola dari mereka, mereka akan tertekan. Alhamdulillah, ini bisa berhasil," katanya.

Ucapan selamat pun dilayangkan Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Erick Thohir. Dia pun berharap perjuangan ini berakhir gelar juara di leg kedua nanti.

"Kami dari KOI mengucapkan selamat untuk tim nasional Indonesia. Perjuangan mereka tidak sia-sia," ujar Erick Thohir usai nonton bareng bareng awak media di Segara Resto, Ancol.

"Tapi selamat di sini akan lebih bagus jika kita bisa menjadi juara. Sebab, main di Thailand akan lebih berat, tekanan akan lebih besar," lanjutnya.

"Dengan waktu istirahat hanya dua hari, mereka harus mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin, dari fisik dan juga mental," ujarnya.

Selanjutnya, Timnas Indonesia akan melakoni laga leg kedua pada tanggal 17 Desember 2016 di Stadion Rajamangala, Bangkok. Indonesia hanya butuh hasil imbang untuk mencetak sejarah baru, juara Piala AFF 2016.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews