Tangkap Penyelundupan TKI Ilegal, Danlantamal IV: Ini Jaringan International

Tangkap Penyelundupan TKI Ilegal, Danlantamal IV: Ini Jaringan International

Danlantamal IV Laksma TNI S. Irawan saat bertanya pada TKI ilegal yang diamankan (foto : Iskandar/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Sebanyak 40 orang TKI ilegal berhasil diamankan Tim Western Fleet Quick Response (WFQR) Lantamal IV saat hendak berangkat dari Batam menuju Malaysia, Selasa (6/12/2016) sekira pukul 23.35 WIB diperairan Pantai Stres, Jodoh, Batam.

Komandan Lantamal IV Laskma TNI S. Irawan mengatakan, penyelundupan TKI ilegal ini diduga ada jaringan sindikat jaringan International.

"Ini merupakan jaringan sindikat International. Dari Batam mereka sudah di tunggu Kapal di Malaysia," ujar Danlantamal IV Laksma TNI S. Irawan saat jumpa pers di Mako Lanal, Batam, Rabu (7/12/2016) siang.

Kata Irawan, saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan APPM dan pihak Singapura. 

Selain itu, untuk mengungkap jaringan ini, kata dia, Lantamal IV juga sudah berkoordinasi dengan pihak Kepolisian.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Kepolisian untuk menyelidiki kasus dan jaringan ini," kata Irawan menegaskan.

Sambungnya, para TKI ilegal ini diberangkatkan ke Malaysia untuk membersihkan kapal. "Dari pengakuan mereka, di upah Rp 200 ribu per hari," ucapnya.

Untuk sementara, imbuhnya, sudah ditetapkan lima orang tersangka yang bertindak sebagai tekong kapal maupun penyalur TKI ilegal, inisial KL, MS, HD, FD, dan ED.

"Sebenarnya ada lima Boat Pancung dengan mesin 75 PK malam itu, tapi dua berhasil kabur ke arah OPL, Malaysia. Tapi kita akan dalami terus," kata Irawan menambahkan.

 

[is]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews