Bos Facebook Memulai Pencarian Alien di Planet Lain

 Bos Facebook Memulai Pencarian Alien di Planet Lain

Tiga orang yang memulai misi mencari alien di planet mirip Bumi. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID - Bos Facebook Mark Zuckerberg memulai proyek ambisius bersama beberapa orang lain untuk pencarian makhluk hidup lain di alam semesta. Bahkan, misi ini dipercaya bisa mencari tahu keadaan Bumi kedua bagi manusia.

Misi luar angkasa bernama "Breakthrough Listen" ini digawangi oleh bos Facebook Mark Zuckerberg, fisikawan tersohor Stephen Hawking, dan biliuner asal Rusia Yuiri Milner. Tiga orang itu menggelontorkan uang USD 100 juta atau sekitar Rp 1,3 triliun dalam misi tersebut.

Ketiganya bakal memimpin tim ilmuwan meneliti Planet Proxima b yang berjarak 4 tahun cahaya dari Bumi. Di mulai awal bulan depan, tim Breakthrough Listen akan menggunakan teleskop luar angkasa James Webb milik NASA dan pusat observasi untuk mendengarkan gelombang radio dari Proxima b dan planet lain selama 10 tahun ke depan.

Ilmuwan Breakthrough Listen berharap bisa mendapatkan sinyal radio yang kemungkinan dikirimkan oleh alien di Proxima b. Planet ini memang oleh ilmuwan diperkirakan mengandung air dan mempunyai kondisi paling mirip bumi di jarak terdekat dari planet kita.

Sebelumnya beberapa bulan lalu, Mark Zuckerberg dkk sudah lebih dulu memulai proyek Breakthrough Starshot. Misi ini bertujuan mengirim pesawat luar angkasa mini yang disebut nanocraft ke sistem tata surya Alpha Centauri (40 triliun kilometer dari Bumi).

Berbekal pesawat nanocraft berukuran perangko itu, Hawking, Zuckerberg, dan Milner berharap menemukan planet lain yang berpenghuni atau dapat dihuni oleh manusia. Mengingat kata Hawking di masa depan satu-satu cara bagi manusia untuk terus bertahan hidup adalah dengan meninggalkan Bumi.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews