Seluruh Penerbangan Diimbau Larang Samsung Note 7

Seluruh Penerbangan Diimbau Larang Samsung Note 7

Ilustrasi. (foto:ist/net)


BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Kementerian Perhubungan mengimbau seluruh maskapai yang beroperasi di Indonesia untuk mengambil langkah pencegahan terhadap bahaya penggunaan telepon pintar Samsung Galaxy Note 7 di dalam pesawat. Sebelumnya, pihak Garuda Indonesia sudah mengeluarkan larangan tersebut.

Langkah ini untuk menghindari terjadinya kecelakaan penerbangan, lantaran adanya masalah dalam pengoperasian Samsung Galaxy Note 7. Smartphone ini disebut bisa meledak karena panas berlebih di bagian baterai.

"Kementerian Perhubungan mendukung langkah-langkah pencegahan yang telah diambil maskapai penerbangan nasional di Indonesia dalam menyikapi penarikan smartphone  (Samsung Galaxy Note 7)," kata Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Internasional Dewa Made Sastrawan dalam siaran persnya, Senin, 12 September 2016.

Imbauan untuk keselamatan penerbangan itu, kata Sastrawan, sejalan dengan Peraturan Menteri Perhubungan nomor: PM 90 Tahun 2013 tentang Keselamatan Pengangkutan Barang Berbahaya Dengan Pesawat Udara, Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2001 tentang Keamanan dan Keselamatan Penerbangan, International Civil Aviation Organization (ICAO).

"Selanjutnya Kemenhub selaku Otoritas Penerbangan Sipil Indonesia akan terus berkonsultasi dengan ICAO dan Otoritas Penerbangan Sipil negara lainnya untuk mencari cara mendeteksi dibawanya smartphone termaksud (Samsung Galaxy Note 7) dalam penerbangan serta tentang kapan pengakhiran larangan tersebut," kata Sastrawan.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews