Singapura Umumkan Penyebab Utama Feri Sea Prince Kandas di Batam

Singapura Umumkan Penyebab Utama Feri Sea Prince Kandas di Batam

Para penumpang kapal feri Sea Prince menyelamatkan diri saat kapal kandas di perairan Batam, Kepulauan Riau, tahun lalu (Foto: Istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Tepat setahun lalu, 1 September 2015, sebuah feri penumpang dari Batam menuju ke Singapura kandas.

Otoritas Maritim dan Pelabuhan Singapura (MPA) mengeluarkan hasil penyelidikan, kapal tersebut mengambil jalan pintas hingga berakhir celaka.

Feri yang mengangkut puluhan penumpang, Sea Prince, kemudian menabrak sebuah objek terapung sesaat setelah meninggalkan Terminal Feri Internasional Nongsapura Batam.

Sebanyak 97 orang, termasuk 51 warga Singapura, berhasil diselamatkan.

"Kapten feri itu mengambil jalan pintas yang mengakibatkan feri tersebut melanggar objek berkenaan dan kemudian dimasuki air. Dan dua dari tiga sekoci tidak mengembang sempurna sehingga ikut karam,” kata Ketua Eksekutif MPA Andrew Tan seperti dilansir Mediacorp.

Ia menambah MPA bekerja sama dengan petugas dan sejumlah nelayan dari Indonesia.

Pihak MPA mengingatkan pemeriksaan rutin dari 16 kali hingga 45 kali dalam setahun.

Feri yang dianggap rawan harus diperiksa lebih sering.

Tan mengungkapkan hal itu di sela latihan FEREX tahun ini - salah satu latihan yang melibatkan simulasi kecelakaan antara dua feri penumpang.

Latihan itu melibatkan lebih 15 kapal dan 450 anak buah dari 15 agen, termasuk Pasukan Pertahanan Awam Singapura, Kementerian Kesehatan dan Pasukan Polisi Pengawal Pantai, untuk menguji tahap persediaan menangani nahas feri.

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews